Catat Lur! Ini Agenda Pekan Majafest di Trawas Mojokerto 23-27 Agustus

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Kamis, 18 Agu 2022 22:23 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto -

Pekan Majafest 2022 di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto menjadi even yang menarik untuk dikunjungi dulur-dulur semua. Festival yang digelar 23-27 Agustus itu bakal menyuguhkan pameran produk ekonomi kreatif, fashion show batik khas, kuliner khas, rekor MURI 1.000 layah sambel wader, serta bintang tamu pedangdut Happy Asmara.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan Majafest 2022 digelar untuk melestarikan seni, budaya dan sejarah Kabupaten Mojokerto, mengembangkan pariwisata, ekonomi kreatif dan seni budaya, mengapresiasi para pelaku pariwisata, e craft dan UMKM, sebagai media pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19, serta untuk meningkatkan nilai pariwisata di Kabupaten Mojokerto.

"Majafest menjadi even yang tak hanya memfasilitasi budaya, e craft dan semua potensi, tapi juga sebagai ajang kita semua untuk menggerakkan perekonomian di Kabupaten Mojokerto. Harapannya semua pengunjung memanfaatkan penginapan di Trawas," kata Ikfina saat jumpa pers di Pendapa Graha Maja Tama Kantor Bupati Mojokerto, Kamis (18/8/2022).

Majafest 2022 bakal dipusatkan di Paseban Agung depan Hotel Arayana, Trawas dan di Lapangan Desa Trawas. Pemkab Mojokerto menyediakan lahan parkir yang luas di Puncak Trawas dan SDN Trawas. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir. Berikut agenda Majafest 2022

1. Pembukaan pameran Majafest 2022 pada 23 Agustus mulai pukul 12.00 WIB

Pameran pariwisata dan produk-produk ekonomi kreatif asli Kabupaten Mojokerto digelar di Lapangan Desa Trawas sampai 27 Agustus nanti. Sejauh ini sudah ada 70 stand pameran yang sudah disiapkan. Itu belum termasuk stand tambahan untuk komunitas rumah bonsai Indonesia.

Pada prosesi pembukaan, para pengunjung akan disuguhi pertunjukan kirab kostum karnaval dari Trawas Trashion Carnival, kesenian bantengan, dan sendra tari Full of Majapahit Greatness. Menariknya lagi, Risa KDI bakal menghibur para pengunjung.

"Para pengunjung yang ingin berbelanja sudah bisa nontunai. Kami juga menyediakan loket penukaran koin Majapahit untuk berbelanja," terang Ikfina.

2. Festival makanan khas Kabupaten Mojokerto pada 24 Agustus mulai pukul 14.00 WIB

Festival makanan khas Kabupaten Mojokerto digelar di Lapangan Desa Trawas. Festival ini menghadirkan perwakilan dari masing-masing kecamatan untuk menampilkan makanan khas. Setiap peserta mengolah makanan khas dengan bahan dasar nasi jagung dan ikan wader sesuai kreasi masing-masing.

3. Pemecahan rekor MURI 1.000 layah sambel wader pada 25 Agustus mulai pukul 14.00 WIB

Sambel wader menjadi kuliner khas Kabupaten Mojokerto. Pemecahan rekor MURI bakal digelar di Lapangan Desa Trawas. Sedikitnya akan ada 1.200 peserta yang membawa sambel wader pada even ini. Ribuan peserta dari Desa Trawas, PKK se Kecamatan Trawas, Forkopimda, para kapala OPD dan istri, komunitas, serta purna paskibraka Indonesia.

4. Fashion show batik khas Kabupaten Mojokerto pada 26 Agustus mulai pukul 18.00 WIB

Peragaan busana atau fashion show batik khas Kabupaten Mojokerto bakal menampilkan desain para perajin batik lokal. Selain itu, para pejabat Pemkab Mojokerto juga akan menampilkan desain batik masing-masing. Mulai dari para camat, para kepala bagian, para staf ahli, para asisten Sekda, para kepala OPD hingga Wabup Mojokerto.

"Tujuannya supaya masyarakat lebih paham dan mengenal batik khas Kabupaten Mojokerto. Motif-motif dan desain batik nanti kami bukukan. Harapannya lebih menguatkan motif-motif batik yang kental dengan kerajaan Majapahit dan motif yang merupakan kekhasan alam dan budaya di Kabupaten Mojokerto," cetus Bupati Ikfina.

5. Awarding Night Majafest pada 27 Agustus mulai pukul 18.00 WIB

Malam penghargaan Majafest 2022 bakal digelar di Paseban Agung, Trawas. Pada even ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bakal menyerahkan penghargaan terhadap para pemenang lomba pariwisata digital, Mojokerto Tourism Award, serta pemenang lomba desain batik khas Kabupaten Mojokerto. Menariknya lagi, para pengunjung bakal dihibur penampilan pedangdut kondang, Happy Asmara.

"Selama Majafest, setiap malam ada hiburan dari band-band lokal dan artis lokal Mojokerto, seperti Jihan audi dan Risa KDI. Sehingga setiap hari kami harapkan banyak kunjungan masyarakat," tandas Ikfina.

(akn/ega)