Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Serta Maknanya

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 14:15 WIB
Lagu Mengheningkan Cipta: Sejarah, Pencipta, Lirik dan Makna
Ilustrasi lirik lagu Mengheningkan Cipta/Foto: Getty Images/iStockphoto/CJ_Romas
Surabaya -

Salah satu lagu nasional yang wajib dinyanyikan saat upacara adalah Mengheningkan Cipta. Lagu wajib ini juga dinyanyikan saat Upacara 17 Agustus. Berikut lirik dan makna Lagu Mengheningkan Cipta.

Sebelum mengetahui lirik lagu Mengheningkan Cipta, ada baiknya Anda mengetahui serba-serbi lagu ini. Mulai dari penciptanya, sejarah, dan makna lagu Mengheningkan Cipta.

Penulis lirik lagu Mengheningkan Cipta adalah Truno Prawit. Yakni musisi asal Surakarta, Jawa Tengah dan pernah menjadi Staf Musik Keraton Surakarta.

Truno Prawit juga pernah menciptakan sejumlah lagu nasional lainnya. Seperti Indonesia Pusaka, Tanah Airku, Mars Diponegoro, Rasa Kebangsaan, Hari Pahlawan, Bersatulah, Hari Angkatan Perang, Hari Gagahnya Gagah, Genderang Jaya, dan Kesadaran Rakyat.

Sejarah Lagu Mengheningkan Cipta

Lagu Mengheningkan Cipta pertama kali dikumandangkan pada upacara peringatan Hari Pahlawan di Ambon tahun 1958. Upacara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Soekarno.

Pada saat itu, upacara dilaksanakan untuk mengumpulkan dukungan bagi upaya pembebasan Irian Barat. Sejak saat itu, kebiasaan menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta ketika pelaksanaan upacara terus dilakukan hingga saat ini.

Baca Makna dan Lirik Lagu Mengheningkan Cipta di halaman selanjutnya