Gus Muwafiq Ungkap Silsilah Gus Dur Keturunan Joko Tingkir

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 18:57 WIB
gus muwafiq di channel youtube nya, GusMuwafiqChannel
Gus Muwafiq (Foto: Tangkapan Layar GusMuwafiqChannel)
Surabaya -

Lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' membuat sejumlah warga, anggota dewan hingga para ulama geram. Salah satunya, KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq. Ia menyebut, Gus Muwafiq merupakan sosok ulama besar. Bahkan Presiden Keempat RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan keturunan Joko Tingkir.

Masih jelas di ingatan Gus Muwafiq saat berziarah bersama Gus Dur di Petilasan Joko Tingkir atau Sultan Pajang, Kanjeng Hadiwijoyo. Kala itu, Gus Dur bercerita jika dirinya memiliki keturunan langsung dengan Joko Tingkir.

Di dalam video dakwah yang diunggah di YouTube itu, ulama kharismatik ini juga menceritakan tentang silsilah leluhur para ulama yang menyiarkan agama Islam. Menurutnya, nama Joko Tingkir ini bukanlah nama sembarangan.

Gus Muwafiq diketahui selalu menemani Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) saat ziarah ke petilasan Joko Tingkir di Lamongan. Saat itu, Gus Muwafiq menjadi asisten pribadi Gus Dur.

"Iya saya diajak Gus dur (ke Petilasan) di Lamongan itu," ujar Gus Muwafiq.

Bahkan, Gus Dur sempat bercerita jika memiliki jalur langsung keturunan dari Sultan Pajang, Hadiwijaya. Oleh karena itu, kata Gus Muwafiq, Gus Dur bisa menjadi presiden, karena keturunan raja.

"Gus Dur itu punya jalur langsung (keturunan) dengan Joko Tingkir. Makanya beliau jadi presiden," tegasnya.

Bukan sembarang orang, Gus Muwafiq menyebut, Joko Tingkir merupakan bapak dari Pangeran Benowo yang juga menantu Sultan Trenggono. Joko Tingkir juga murid dari Wali Songo yakni Sunan Kalijaga.

"Ini bukan nama sembarangan ini Joko Tingkir. Dia ini Sultan Pajang, itu Sultan Hadiwijoyo (Sultan Hadiwijaya), bapaknya Pangeran Benowo, menantu Sultan Trenggono dan murid Sunan Kalijaga," kata Gus Muwafiq.

Sosok Sultan Hadiwijaya menurutnya adalah sosok ulama besar dan raja besar. "Ulama besar dan raja besar ini. Makanya ada anak-anak kecil nyanyi gini saya jengkel sekali," tambahnya.

Menurutnya sebagai nenek moyang ulama di Jawa, Joko Tingkir adalah sosok yang mulia, yang tidak seharusnya dipakai bahan bercandaan.

"Nama Joko Tingkir ini nama orang, sosok yang mulia jangan dijadikan guyonan lah," tambahnya.

Gus Muwafiq sebut pencipta lagu ngawur, di halaman selanjutnya!