Lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' Dipersoalkan di Lamongan, Apa Sebabnya?

Eko Sudjarwo - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 20:43 WIB
Seniman Lamongan Narto Widodo
Foto: Seniman Lamongan Narto Widodo (Istimewa)
Lamongan -

Seniman Lamongan, Narto Widodo mempersoalkan lagu "Joko Tingkir Ngombe Dawet". Lalu apa alasan persoalan dengan lagu yang salah satunya dipopulerkan oleh Denny Caknan itu?

Pria yang akrab disapa Cak Narto itu mengungkapkan bahwa keberatannya karena dirinya menerima banyak saran dan masukan terkait lagu tersebut. Ini karena penggunaan nama sosok Joko Tingkir.

Ini karena Joko Tingkir merupakan ulama dan wali. Tak hanya itu Joko Tingkir juga sosok yang dihormati di Lamongan.

"Memperhatikan saran masukan dari banyak kiai sepuh, demi menghormati dan bentuk takzim (hormat) kita kepada Joko Tingkir selaku ulama atau wali," ujar Cak Narto, Rabu (10/8/2022).

Lebih lanjut, Cak Narto menyebut Joko Tingkir juga merupakan salah satu murid dari Raden Said alias Sunan Kalijaga. Menurutnya, sebenarnya lagu tersebut tak ada masalah. Namun hanya pada penggunaan nama Joko Tingkir saja pada lirik lagu tersebut.

"Yang dipersoalkan para kiai itu adalah penggunaan kata Joko Tingkir dalam syair atau lirik lagu tersebut," ujar Cak Narto.

Sebelumnya, lagu berjudul "Joko Tingkir Ngombe Dawet" yang sedang ngetren dipersoalkan warga Lamongan. Mereka keberatan sosok Joko Tingkir diparodikan.

Salah satu yang menolak lagu adalah Narto Widodo. Seniman Lamongan merasa keberatan penggunaan nama Joko Tingkir dalam lagu tersebut karena membuat gusar para kiai. Sebab, Joko Tingkir merupakan guru para ulama di Nusantara.



Simak Video "Ini Emak-emak di Lamongan yang Tutupi Nopol Pake Celana Dalam "
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)