Cara Masyarakat Osing Peringati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 09:12 WIB
Masyarakat Adat Osing Peringati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia
Masyarakat Osing peringati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Masyarakat adat Osing Banyuwangi peringati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS). Tak hanya menampilkan kekayaan kesenian dan tradisi, masyarakat adat yang tergabung Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Osing Banyuwangi juga mendorong peran maksimal perempuan dalam pelestarian adat dan tradisi.

Acara ini digelar di Sekolah Adat Pesinauan, Desa Olehsari, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (9/8/2022) malam. Kegiatan diawali dengan tasyakuran, dilanjutkan dengan pembacaan Lontar Yusup dan gesah bareng lintas usia.

Berbagai penampilan kesenian oleh anak-anak hingga dewasa, seperti tarian padang ulan, pencak sumping, jaranan buto, dan Gandrung disuguhkan dalam acara ini.

Ketua BPH Pengurus Daerah AMAN Osing Wiwin Indiarti mengatakan, HIMAS ini merupakan hari yang bersejarah untuk memperjuangkan eksistensi masyarakat adat sedunia.

"Masyarakat adat memiliki hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya," katanya.

Untuk tahun ini, lanjut Wiwin, HIMAS mengangkat tema peran perempuan adat dalam merawat dan mentransmisikan pengetahuan tradisional. "Peran perempuan adat bisa berkontribusi dalam kelangsungan pengetahuan tradisional," jelas Wiwin.



Simak Video "Gadis di Banyuwangi Hamil 7 Bulan Usai Diperkosa Teman Kumpul Kebo Ibunya"
[Gambas:Video 20detik]