Upacara Melasti Digelar Terbatas di Pantai Jolosutro Blitar

Erliana Riady - detikJatim
Jumat, 25 Feb 2022 19:15 WIB
Upacara Melasti Digelar Terbatas di Pantai Jolosutro Blitar
Foto: Istimewa (Dok Pemkab Blitar)
Blitar -

Upacara melasti digelar terbatas di Pantai Jolosutro Kecamatan Wates, Blitar. Upacara berjalan khidmat, meski penjagaan ketat dilakukan selama acara.

Seperti tahun sebelumnya, pandemi COVID-19 membuat suasana sakral yang ditunggu umat Hindu menjelang Nyepi terpaksa sangat dibatasi. Untuk pelaksanaan upacara melasti tahun ini, panitia dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Blitar membatasi hanya 5 perwakilan dari tiap pura. Dan melarang umat Hindu dari wilayah luar Blitar mengikutinya.

"Situasinya masih seperti ini. Jadi dengan kesederhanaan kami batasi hanya lima orang perwakilan tiap pura. Dan kami meminta umat Hindu diluar Blitar Raya tidak bergabung disini," jawab Ketua PHDI Blitar Raya, Lestari, Jumat (25/2/2022).

Menurut Lestari, ada sebanyak 98 pura di Blitar Raya. Selain perwakilan pura, upacara melasti juga diikuti rohaniawan, yakni pemangku pura. Dan lembaga keagamaan di bawah PHDI Blitar.

Pelaksanaan upacara dimulai tepat pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 10.30 WIB. Hanya perwakilan pura yang memakai ID card dari panitia yang diizinkan masuk area upacara. Bahkan di satu-satunya pintu masuk ke arah pantai, tepatnya di batas Desa Ringinrejo, aparat keamanan bersama pecalang melakukan sudah melakukan penyekatan.

"Tema tahun ini, Melalui Tapa Brata Penyepian Kita Teguhkan Kearifan Lokal Jawa Timur yang Guyup dan Rukun. Semoga dengan segala kesederhanaan ini, tidak mengurangi makna umat Hindu dalam menyambut perayaan Nyepi dan Tahun Baru Saka 1944," imbuhnya.

Dalam Surat Edaran (SE) PHDI Jatim nomor 13/PHDI-Jatim/2022 memang diatur beberapa point pelaksanaan upacara jelang Nyepi tahun ini. Semua aturan dititik beratkan pada ketaatan dan disiplin tinggi penerapan protokoler kesehatan.

Sehingga rangkaian ritual mulai dari melasti, tawur kasanga, catur brata nyepi, ngembak geni sampai dharma santi, dilakukan tertutup dan terbatas.



Simak Video "Jelang Nyepi, Umat Hindu di Magelang Gelar Prosesi Sembahyang"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)