Saat Mampir di Surabaya pada 1932, Charlie Chaplin Ngapain Saja?

Amir Baihaqi - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 16:32 WIB
Perjalanan pelawak legendaris Hollywood, Charlie Chaplin menuju dunia belahan timur pernah sampai di Hindia Belanda. Sejumlah kota tercatat pernah menjadi persinggahannya, termasuk Surabaya.
Foto Charlie Chaplin di Hotel Majapahit Surabaya (memegang karangan bunga)/Foto: Amir Baihaqi/detikcom
Surabaya -

Charlie Chaplin merupakan pelawak, sutradara dan komposer film dari Inggris. Ia tercatat mengunjungi Hindia Belanda (Indonesia) hingga dua kali pada 1932.

Kunjungan Charlie ke Hindia Belanda saat itu menjadi berita yang menghebohkan. Sejumlah surat kabar seperti De Indische Courant dan Sumatra Post memberitakan secara eksklusif.

Pegiat sejarah Surabaya Kuncarsono Prasetya menjelaskan, Charlie datang ke Hindia Belanda salah satunya ingin berwisata di dunia belahan timur. Namun saat di Surabaya, lanjut Kuncar, Charlie juga menghadiri penayangan perdana filmnya di bioskop. Saat itu, ia diundang khusus.

"Itu kaitannya dengan pemutaran film perdananya di bioskop di Surabaya. Bioskop itu ya terletak di Museum House of Sampoerna itu," papar Kuncar kepada detikJatim, Rabu (19/1/2022).

"Jadi, di dalam kompleks House of Sampoerna itu memang selain sebagai pembuat rokok, tempat tinggal juga ada bioskopnya," lanjut Kuncar.

Perjalanan pelawak legendaris Hollywood, Charlie Chaplin menuju dunia belahan timur pernah sampai di Hindia Belanda. Sejumlah kota tercatat pernah menjadi persinggahannya, termasuk Surabaya.Jejak Charlie Chaplin di Hotel Majapahit Surabaya Foto: Amir Baihaqi/detikcom

Menurut Kuncar, selama di Hindia Belanda, Charlie singgah di sejumlah kota dan daerah, seperti Batavia dan Yogyakarta. Sedangkan tujuan utamanya yakni Bali.

"Sebelum di Surabaya, Chaplin berada di Yogyakarta. Awalnya orang-orang mengira akan naik kereta api tapi ternyata naik mobil ke Surabaya," ujar Kuncar.

"Utamanya Bali itu sudah menjadi destinasi wisata terkenal sejak tahun 1920. Era itu hotel sudah dipromosikan. Sudah ada biro perjalanan wisata Hindia Belanda dan dibikin poster. Dan itu kemudian yang membuat Chaplin tertarik," tambah Kuncar.

Di Surabaya, Chaplin menginap di Hotel Majapahit, yang waktu itu bernama Hotel Oranje. Seperti yang disampaikan Director of Sales and Marketing at Hotel Majapahit, Tenny Gustiva.

Meski sempat singgah di Hotel Oranje, lanjut Tenny, pihak hotel waktu itu tidak mengetahui persis apa aktivitas Charlie Chaplin selama di Surabaya. Sebab, di Surabaya Charlie Chaplin hanya transit sebentar sebelum melanjutkan perjalanannya ke Bali.

"Di Surabaya sendiri aktivitasnya yang kami ketahui tidak ada yang spesifik. Karena Charlie Chaplin sendiri pada dasarnya bepergian keliling dunia, hanya ingin mengetahui kehidupan sosial dari masing-masing orang di setiap tempat," jelasnya.



Simak Video "Kawah Candradimuka, Tempat Pangeran Diponegoro Melatih Muridnya Ilmu Perang, Bantul"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/sun)