Mentan Dukung Petani Blitar Manfaatkan Rumput Jadi Pupuk

Mentan Dukung Petani Blitar Manfaatkan Rumput Jadi Pupuk

Fima Purwanti - detikJatim
Kamis, 10 Nov 2022 19:42 WIB
mentan syahrul yasin limpo di blitar
Mentan Syahrul Yasin Limpo di Blitar (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memuji penggunaan elisitor (Alternatif campuran pupuk) biosaka saat mengunjungi petani di Kabupaten Blitar. Biosaka merupakan inovasi petani Blitar dalam memanfaatkan bahan alami untuk perangsang tanaman selain pupuk dan pestisida.

"Hari ini saya diajarkan oleh petani Blitar membuat bahan campuran pupuk melalui biosaka. Ini sumbernya dari alam kembali ke alam," ujar Syahrul kepada wartawan di Desa Tegalrejo Kecamatan Selopuro, Kamis (10/11/2022).

Syahrul mengaku takjub dengan inovasi para petani Blitar yang telah menciptakan biosaka untuk membantu meningkatkan produktivitas pertanian. Penerapan biosaka dalam pertanian di Kabupaten Blitar menunjukkan hasil yang bagus.

"Hasilnya pertanian di sini sampai 9 ton per hektar menggunakan biosaka itu. Ini juga mengurangi lebih dari 50 persen penggunaan pupuk yang ada. Kemudian produktivitasnya juga sangat tingi," jelasnya.

Biosaka terbuat dari minimal segenggam minimal 5 jenis rumput yang sehat yang dicampur dengan 2 liter air dalam wadah. Bahan itu kemudian diremas-remas hingga menghasilkan ramuan homogen. Cairan itu kemudian disemprotkan ke tanaman.

Menurut Syahrul, inovasi dalam pertanian termasuk penerapan biosaka bisa dicontoh daerah lain. Khususnya di Pulau Jawa yang memiliki unsur kesuburan tanah yang bagus.

Lebih lanjut, Syahrul berharap lumbung pangan yang ada di Kota/Kabupaten maupun di masing-masing provinsi bisa dihidupkan. Hal itu sebagai bentuk antisipasi ketahanan pangan saat menghadapi cuaca yang ekstrem.

"Termasuk lumbung-lumbung pangan di desa harus kita hidupkan lagi. Minimal untuk mengantisipasi kalau ada cuaca yang sangat ekstrem yang menghadang kita di depan. Tapi kita pun berharap itu tidak terjadi," pungkasnya.

Kedatangan Mentan berkunjung ke Blitar untuk melakukan panen raya di Desa Tegalrejo Kecamatan Selopuro. Mentan bersama dengan Bupati Blitar panen padi dengan alat dan mesin pertanian (Alsitan) combine harvester. Selain panen, Mentan juga membuat biosaka bersama dengan petani.



Simak Video "Pupuk Bersubsidi Untuk Negeri "
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)