Cabai di Pasuruan Dijual Paketan 5.000 Dapat 10 Biji, Warga: Sekali Nyambel

Muhajir Arifin - detikJatim
Jumat, 15 Jul 2022 18:49 WIB
Cabai Rawit paketan yang dijual pedagang lijo atau pedagang eceran
Cabai Rawit paketan yang dijual pedagang lijo atau pedagang eceran. (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Mahalnya harga cabai rawit bikin pedagang lijo (pedagang kelontong/pedagang sayur keliling) menyiapkan paket kemasan plastik untuk memudahkan pelanggan. Ada paket seharga Rp 3.000 dan Rp 5.000.

Seperti terpantau detikJatim di sejumlah lokasi di Pasuruan, cabai rawit yang dikemas kantong plastik itu isinya tidak jauh berbeda dengan sehari sebelumnya.

Untuk paket cabai rawit dengan harga Rp 3.000 isinya antara 7-8 biji cabai. Sedangkan kemasan dengan harga Rp 5.000 berisi 10-15 biji cabai.

Soleha (45), pemilik toko kelontong di Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Pasuruan termasuk yang menyediakan paketan cabai untuk memudahkan pembeli.

"Sekarang jual cabai diplastiki biar mudah, enggak usah ngitung," kata Soleha kepada detikJatim, Jumat (15/7/2022).

Ia menjual cabai kemasan seharga Rp 5.000 sejak sepekan terakhir karena memang cukup banyak pembeli yang mengurangi belanjaan.

Cabai Rawit paketan yang dijual pedagang lijo atau pedagang eceranPedagang Cabai Rawit di salah satu pasar di Pasuruan. (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)

"Isinya tergantung kulakan, ya. Kadang 10 biji. Kadang kurang, kadang lebih," katanya.

Di lain pihak, seorang ibu rumah tangga Purwanti yang biasa membeli cabai di toko Soleha mengaku membeli sepaket cabai rawit harga Rp 5.000 rata-rata isinya 10 biji.

"Kapan harga turun? Sudah lama nggak turun-turun," gerutu perempuan berusia 35 tahun itu.

Cabai paketan harga Rp 5.000 cukup buat sekali nyambal. Baca di halaman selanjutnya.