Jeritan Petani Porang Madiun Harga Turun hingga Rp 2 Ribu per Kg

Sugeng Harianto - detikJatim
Rabu, 18 Mei 2022 09:05 WIB
Porang Madiun
Petani porang di Madiun (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Madiun -

Para petani porang di Kabupaten Madiun menjerit. Mereka mengeluhkan anjloknya harga porang. Diketahui, saat ini harga porang merosot tajam yakni Rp 2 ribu per kilogram.

"Kita menjerit dengan harga yang turun tajam ini. Bayangkan harga hanya Rp 2 ribu per kilogram," ujar petani porang di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Agus kepada detikJatim, Rabu (18/5/2022).

Agus mengaku, turunnya harga porang ini menjadi dilema besar bagi semua petani, utamanya di Madiun. Petani berharap pemerintah bisa turun tangan mengatasi permasalahan ini.

"Kita sangat berharap agar pemerintah segera turun tangan mengatasi permasalahan ini," papar Agus.

Petani lain, Karno mengaku sangat terpukul dengan turunnya harga Porang. Pihaknya hendak melaporkan permasalahan ini ke Pemkab Madiun.

"Ini masalah besar turunnya harga Porang. Insyaallah kita akan sampaikan ke Pemkab Madiun utamanya dinas pertanian," ungkap Karno.

Karno menambahkan, harga porang dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dulu, harga porang bisa mencapai Rp 15 ribu hingga Rp 17 ribu per kilogram, lalu sempat turun menjadi Rp 10 ribu, Rp 7 ribu, bahkan kini hanya Rp 2 ribu.

"Penurunan harga itu setiap tahun. Dulu waktu jaya, harga bisa sampai Rp 10 ribu hingga Rp 14 Ribu. Turun kisaran Rp 10 ribu, Rp 7 ribu hingga kini Rp 2 ribu," tandasnya.

Diketahui, Kabupaten Madiun merupakan sentra porang Indonesia utamanya di pedesaan sawah Gunung Pandan. Bahkan, kini telah ada bibit Porang Varietas Madiun 1 yang menjadi pertama dan satu-satunya porang unggul di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian.



Simak Video "Melihat Keseruan Balap Perahu Nelayan di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)