Sebulan Jelang Ramadhan, Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai Merangkak Naik

Eko Sudjarwo - detikJatim
Sabtu, 05 Mar 2022 06:39 WIB
Sebulan Jelang Ramadhan, Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai Merangkak Naik
Penjual cabai di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Sebulan jelang ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Lamongan mulai merangkak naik. Salah satu yang kembali terkerek naik adalah harga cabai rawit, di kisaran harga Rp 70 ribu/kg.

Salah satu pedagang yang ada di Pasar Rakyat Tumenggungan Ernawati mengakui jika harga beberapa komoditas pokok di Lamongan mulai terkerek naik sejak 2 pekan ini. Kenaikan cukup tinggi terjadi pada komoditas cabai rawit yang semula Rp 40 ribu menjadi Rp 70 ribu/kg.

"Sudah 2 minggu ini, kenaikan harga cukup besar terutama gula, bawang, cabai rawit, cabai besar," kata Ernawati kepada wartawan, Sabtu (5/3/2022).

Komoditas penting lainya yang juga mulai mengalami kenaikan adalah daging sapi. Di Lamongan, daging sapi saat ini berada di kisaran harga Rp 120 ribu/kg. Bawang merah juga menjadi salah satu komoditas yang kini mulai melejit, yaitu hingga Rp 33 ribu/kg.

"Iya mas, sudah mulai naik sejak 2 pekan lalu," kata pedagang lain yang ada di Pasar Sidoharjo Lamongan, Maesaroh.

Menanggapi kenaikan harga sejumlah komoditas ini, Kepada Disperindag Lamongan, Muhammad Zamroni menilai melonjaknya beberapa komoditi itu karena pengaruh cuaca buruk hingga gejolak permintaan masyarakat atas suatu komoditi.

"Kenaikan cabai karena kondisi musim penghujan, sehingga beberapa daerah penghasil cabai banyak yang mengalami penurunan produksi akibatnya sangat mempengaruhi suplai di pasar," ungkap Zamroni.

Untuk kenaikan harga daging, Zamroni menyebut jika kenaikan ini dipicu meningkatnya kebutuhan konsumen dan faktor produksi daging dan suplai daging yang mulai menurun.

"Termasuk bawang merah juga sangat berpotensi mengalami kenaikan karena beberapa wilayah penghasil bawang merah juga mengalami kemerosotan akibat cuaca buruk," paparnya.



Simak Video "Harga Cabai di Cimahi Kian 'Pedas' Jelang Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)