Dosen Farmasi Ubaya Bikin Start Up yang Memberi Informasi Obat Tradisional

Esti Widiyana - detikJatim
Jumat, 18 Feb 2022 11:31 WIB
Jamoetics Ubaya
Jamoetics Ubaya (Foto: Ubaya)
Surabaya -

Seorang dosen Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) membangun perusahaan rintisan atau start-up Jamoetics. Yakni platform digital yang menyediakan informasi produk obat tradisional.

Dia adalah Dr Oeke Yunita SSi MSi Apt. Oeke menuturkan, platform Jamoetics dibuat untuk mendukung pengembangan, penggunaan, dan edukasi obat tradisional yang aman, efektif dan berkualitas. Platform ini berupa website jamoetics.com.

Dalam platform Jamoetics, tersedia database informasi ilmiah terkait bahan baku obat tradisional, produk jamu, dan obat moderen asli Indonesia.

"Di platform juga bisa melakukan konsultasi bersama pakar, membeli produk, dan kami juga menyediakan edukasi obat tradisional," tutur Oeke.

Menurut dia, Jamoetics dapat menjadi solusi bagi industri dan UMKM obat tradisional, serta masyarakat umum dalam penyediaan informasi terkait obat tradisional.

"Apalagi obat tradisional sangat diminati masyarakat saat pandemi ini. Baik berupa bahan baku herbal maupun produk jadi," tutur Oeke.

Proses pendirian start-up ini sendiri dilatarbelakangi oleh kebutuhan obat tradisional yang melonjak selama pandemi COVID-19. Serta meningkatnya akses ke ruang digital oleh masyarakat.

"Tentu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya, salah satu contohnya melalui transformasi digital industri obat tradisional melalui Jamoetics," ujar Oeke.

Rektor Ubaya, Benny Lianto juga berharap, kehadiran Jamoetics dapat memenuhi minat dan kebutuhan masyarakat. Khususnya dalam penggunaan obat-obatan herbal.

"Kami (Ubaya) berharap, Jamoetics akan menjadi solusi bagi penyedia informasi industri obat tradisional, baik pada skala mikro, menengah, serta masyarakat umum dalam penyediaan informasi terkait obat tradisional dan edukasi produk bagi tim marketing dan penjualan," pungkas Benny.



Simak Video "China Kirim Jutaan Obat Herbal dan Kapsul Flu ke Shanghai"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)