Uji Coba Pembukaan Jembatan Suroboyo Libatkan Puluhan UMKM

Deny Prasetyo Utomo - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 19:19 WIB
Uji Coba Pembukaan Jembatan Suroboyo Libatkan Puluhan UMKM
UMKM dilibatkan dalam uji coba Jembatan Suroboyo (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Pemkot Surabaya kembali melakukan uji coba pembukaan Jembatan Suroboyo dilengkapi air mancur menari. Menariknya Dalam pembukaan ini, melibatkan puluhan UMKM.

Dalam ujicoba tersebut dilakukan pada Sabtu (22/1) malam mulai pukul 18.00 WIB hingga Pukul 19.30 WIB dan Minggu (23/1) mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumgdag) Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos mengatakan dalam uji coba pembukaan Jembatan Suroboyo tersebut diberlakukan khusus bagi pejalan kaki.

Yos menambahkan sebanyak 20 UMKM setempat turut dilibatkan juga dalam pembukaan Jembatan Suroboyo. Itu dilakukan agar roda perekonomian warga setempat juga ikut akan terkerek.

"Ada 20 UMKM yang terlibat. Mayoritas adalah pedagang di sekitar Kecamatan Bulak, Jembatan Suroboyo," kata Yos saat dikonfirmasi, Minggu (23/1/2022).

Yos menambahkan dalam uji coba kali, ini UMKM yang dilibatkan bukan menjual makanan kategori berat. Melainkan hanya pedagang UMKM seperti kerajinan, handycraft, aksesoris, makanan ringan serta minuman-minuman botol kemasan seperti sinom dan beras kencur.

"Rencananya, memang kita libatkan UMKM lebih banyak. Kalau malam kita fokuskan di dekat air mancur, sedangkan pagi di tengah anjungan," terang Yos.

Pihaknya pun tengah melakukan evaluasi hasil pembukaan uji coba Jembatan Suroboyo selama dua hari berjalan. Menurutnya, selama dua hari itu, antusias masyarakat yang datang sangatlah tinggi. Ke depan, pemkot berencana memfungsikan Jembatan Suroboyo tersebut khusus bagi pejalan kaki pada Sabtu malam dan Minggu pagi saja.

"Antusias masyarakat bagus, mereka banyak yang berminat masuk ke situ (Jembatan Suroboyo), jalan. Dan kita melarang roda dua atau roda empat. Kami konsepnya seperti car free day, tapi kendaraan sama sekali tidak boleh," tandas Yos.



Simak Video "Ridwan Kamil Ingin UMKM di Jabar Berbasis Green Economy"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)