INKA Siap Bangun Kereta Gantung di Wisata Kebun Teh Pagar Alam Sumsel

Sugeng Harianto - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 13:11 WIB
PT INKA siap membangun kereta gantung di wisata kebun teh Pagar Alam, Sumatra Selatan. Wisata perkebunan teh tersebut berada di kawasan Gunung Dempo.
Foto: Istimewa (dok.PT INKA)
Madiun -

PT INKA siap membangun kereta gantung di wisata kebun teh Pagar Alam, Sumatra Selatan. Wisata perkebunan teh tersebut berada di kawasan Gunung Dempo.

"Kita (PT INKA) telah melakukan kunjungan ke Pemkot Pagar Alam, Sumatra Selatan. Yakni membahas rencana Pemkot Pagar Alam dalam pembangunan kereta gantung (cable car) di area wisata perkebunan teh Gunung Dempo, di mana PT INKA yang akan melakukan studi kelayakan sistem transportasinya," ujar Senior Manajer Departemen Pengembangan Bisnis PT INKA (Persero), Apoleus Karo-Karo, dalam rilis yang diterima detikJatim, Jumat (21/1/2022).

Apoleus mengatakan, wisata kereta gantung berbasis kabel, di mana ruang kabinnya biasa disebut gondola. Yang diangkut di atas tanah dengan menggunakan satu kabel atau lebih.

"Model transportasi ini jamak diaplikasikan di area pegunungan, pusat tambang dan area wisata untuk kepentingan penghubung satu titik objek dengan objek lain," kata Apoleus.

"Untuk jenis kabin biasanya menggunakan gondola berkapasitas 4 sampai 12 penumpang. Kereta gantung nantinya dapat digunakan untuk menikmati pemandangan ke segala arah," imbuhnya.

Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni menjelaskan, jajaran PT INKA merasa optimis dengan rencana pembangunan cable car pertama di Sumatra Selatan.

"Ini bisa meningkatkan rasa optimis jika pihaknya (INKA) Madiun dapat merealisasikan rencana pembangunan cable car pertama di Sumatra Selatan tersebut," papar Alpian.

"Jika pembangunan kereta gantung dapat terealisasi, tentunya akan sejalan dengan visi Kota Pagar Alam yang terus berkomitmen sebagai kota kunjungan wisata terdepan di Sumatra Selatan," pungkas Alpian.



Simak Video "Ombudsman soal Tabrakan LRT: Adanya Keteledoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)