Pingin Belajar Tanam Porang, Datang Saja ke Tourist Information Center Madiun

Sugeng Harianto - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 18:23 WIB
Tourism Information Center
Pemkab Madiun membuka TIC bagi yang inigin belajar menanam porang (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Bagi Anda yang tertarik ingin belajar bertanam porang, Anda bisa berkunjung ke sentra porang Indonesia di Madiun. Seiring banyaknya pengunjung luar kota yang ingin mendalami cara bercocok tanam Porang, Pemkab Madiun meluncurkan Tourism Information Center.

"Lumayan banyak baik instansi maupun perorangan yang belajar Porang maka kita buatkan wadah atau sarana tempat belajar porang. Kita namai TIC atau Tourism Information Center," ujar Bupati Madiun H Ahmad Dawami kepada wartawan, usai lounching TIC di Gedung Olahraga Pangeran Timoer, Caruban, Madiun, Rabu (19/1/2022).

Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun mengatakan TIC merupakan wadah edukasi wisata porang. Nantinya para calon petani porang dari luar kota akan belajar langsung baik di demplot lahan percontohan maupun terjun ke lahan petani.

"Jadi calon petani bisa belajar di lokasi penyuluhan yang ada di komplek GOR ini ataupun ke lahan petani langsung," kata Kaji Mbing.

Dikatakan Kaji Mbing, edukasi wisata porang ada di bawah naungan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga bersama Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan dan Perhutani. Luas lahan porang saat ini lebih dari 1.200 hektare baik di pegunungan Pandan dan Wilis Madiun.

Tourism Information CenterKebun Porang di Madiun (Foto: Sugeng Harianto)

"Kalau lahan kita saat ini kisaran lebih dari 1.200 hektare di area pegunungan Pandan dan Wilis," ujar Kaji Mbing.

Diungkapkan Kaji Mbing, terkait TIC, nantinya para calon pengunjung akan diberikan paket-paket harga sesuai permintaan pengunjung. Pemkab juga telah melibatkan Yayasan Masyarakat Porang Indonesia (YMPI) yang meliputi PT Repindo selaku penyedia bibit porang varietas Madiun I.

"Kita libatkan YMPI yang di dalamnya ada PT Repindo selaku penyedia bibit porang varietas Madiun I," ungkapnya.

Kaji Mbing menambahkan semua desa penghasil porang juga dilibatkan dalam program wisata Porang. "Di samping melihat percontohan lahan porang di GOR seluas sekitar 3 hektare juga semua desa penghasil porang dilibatkan," paparnya.

"Diharapkan ke depannya makin berkembang edukasi wisata porang ini," tandasnya.

Tourism Information CenterTourism Information Center (Foto: Sugeng Harianto)

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Anang Sulistidjono, menyebutkan untuk saat ini pihaknya telah mempersiapkan rumah penginapan di desa penghasil porang. Hal tersebut juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

"Hunian penginapan saat ini kita telah koordinasi dengan pihak desa yang diharapkan bisa menambah peningkatan ekonomi," jelas Anang.

Direktur PT Repindo Gus Mustofa mengaku siap mendukung Kementerian Pertanian dalam penyediaan bibit porang varietas Madiun I. Hal ini mengingat Kabupaten Madiun merupakan satu-satunya penyedia bibit unggul porang yang telah bersertifikat Kementan.

"Insyaallah kita siap memenuhi kebutuhan bibit porang varietas Madiun I dengan melibatkan kelompok tani di Madiun Raya dan sekitarnya," tandasnya.

Diketahui Penetapan bibit porang varietas Madiun I oleh Kementerian Pertanian tersebut melalui proses panjang dan telah mendapatkan SK sejak Juli 2020. Yakni berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tertanggal 3 Juli 2020 dengan Nomor 906/HK.540/C/07/2020.



Simak Video "Intip Petani Milenial Panen Porang, Tanaman Liar yang Hasilkan Cuan"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)