35 Ekor Kambing Warga Mati Tertimbun Abu Vulkanik Semeru

35 Ekor Kambing Warga Mati Tertimbun Abu Vulkanik Semeru

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Kamis, 08 Des 2022 21:15 WIB
Kambing milik warga mati akibat tertimbun abu vulkanik Semeru
Kambing milik warga mati akibat tertimbun abu vulkanik Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Sebanyak 35 ekor kambing dilaporkan mati tertimbun abu vulkanik dan terseret arus erupsi Gunung Semeru. Ternak milik warga ini tak dapat diselamatkan saat Semeru memuntahkan erupsi.

Puluhan kambing yang mati ini ditemukan saat petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat. Ternak yang mati dan telah membusuk kemudian dibakar dan sisanya dikubur.

Kambing-kambing yang mati ini ditemukan di Dusun Kajar Kuning dan Curah Kobokan. Sedangkan yang masih selamat, petugas segera mengevakuasi ke Kandang ternak bersama di Desa Sumberwuluh, Candipuro.

"Dari pendataan ada 35 ternak kambing yang mati di Dusun Kajar Kuning dan Curah Kobokan matinya tertimbun material," kata Endra Novianto, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Lumajang, Kamis (8/12/2022).

"Pemilk tidak sempat menyelamatkan ternaknya upaya kita mengevakuasi ternak yang hidup di kandang sementara. Ternak yang mati kita kubur atau dibakar sesuai keadaan," imbuh Endra.

Mukhtar, salah satu peternak mengaku kehilangan 12 ekor kambing saat erupsi terjadi. Ia pun mengaku pasrah dan ikhlas menerimanya.

"Totalnya 14 (ekor kambing miliknya) setelah erupsi 12 terbawa arus lava dan mati yang 2 selamat. Ya gimana lagi faktor alam ya harus diterima waktu erupsi gak nyangka lewat sini jadi gak sempat diselamatkan," tutur Mukhtar.



Simak Video "Menilik Dampak yang Timbul Akibat Erupsi Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)