Prabowo Dengarkan Keluhan Para Pengungsi Gunung Semeru

Prabowo Dengarkan Keluhan Para Pengungsi Gunung Semeru

Fatichatun Nadhiroh - detikJatim
Kamis, 08 Des 2022 19:28 WIB
prabowo di posko pengungsian semeru
Prabowo Subianto kunjungi pengungsi Semeru di SDN 04 Supit Urang (Foto: Istimewa)
Lumajang -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meninjau posko pengungsi Gunung Semeru di SDN 04 Desa Supit Urang, Pronojiwo, Lumajang. Prabowo ingin mendengar langsung keluhan para pengungsi.

"Saya ingin melihat keadaan dan ingin mendengar kesulitan-kesulitan yang masih diatasi," ungkap Prabowo, Kamis (8/12/2022).

Prabowo lantas menyapa para pengungsi. Dia sempat berbincang-bincang, mempertanyakan kebutuhan apa yang diperlukan. Selain para pengungsi, Prabowo juga terlihat menyapa para petugas yang berjuang membantu penanganan para pengungsi. Mulai TNI, Polri, BPBD, hingga relawan Pemkab Lumajang.

Dia memuji kekompakan dan kerja keras petugas di lapangan.

"Pemerintah daerah, TNI dan Polri saya lihat kerja keras bersama-sama untuk segera membantu rakyat," tambahnya.

Prabowo lantas bantuan sembako kepada para pengungsi.

Sementara Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengaku pihaknya telah menyediakan hunian tetap sebanyak 1.951 unit untuk warga-warga terdampak bencana erupsi.

Hunian itu diberikan kepada warga yang rumahnya rusak berat dan berada pada zona merah. Kendati demikian, Thoriq mengungkapkan bahwa erupsi tahun ini tak separah tahun lalu.

"Erupsi Semeru itu, yang paling terdampak tahun lalu yang bertepatan 4 Desember, ada 1.951 keluarga yang terdampak," ujarnya.

Ia menambahkan, dari keseluruhan jumlah masyarakat yang terdampak, saat ini telah tercatat 1.200 KK yang telah tinggal di lahan relokasi.

"Dari 1.951 KK, sekarang sudah masuk sekitar 1.200, tinggal sisanya secara bertahap, Insyaallah minggu depan kita akan masuk tahap ke-8, dan ada 200 keluarga yang kita masukkan," tukasnya.



Simak Video "Penampakan Semeru Erupsi, Keluarkan Awan Panas Sejauh 6 KM"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/fat)