Penampakan Gunung Semeru Usai Muntahkan Lava Pijar hingga Erupsi

Penampakan Gunung Semeru Usai Muntahkan Lava Pijar hingga Erupsi

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Kamis, 08 Des 2022 10:54 WIB
Penampakan Gunung Semeru Kamis 8 Desember 2022
Gunung Semeru terpnatua cerah berawan (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Pos Pengamatan Gunung Api Semeru mememuntahkan lava pijar. Bahkan tercatat mengeluarkan ada 24 kali letusan. Selain itu terjadi guguran awan panas sebanyak 5 kali. Itu terpantau mulai pukul 00.00 WIB-06.00 WIB.

"Terjadi 24 kali letusan. Selain itu terjadi guguran awan panas sebanyak 5 kali," kata Supervisor Pusdalops BPBD Lumajang, Kustari Sumardi saat dikonfirmasi detikJatim, Kamis (8/12/2022).

Dia menambahkan rekomendasi dari PVMBG warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 8 Km dari kawah/puncak Gunung Semeru.

"Sebab, rawan bahaya lontaran batu atau pijar," tegasnya.

Sementara pantauan detikJatim, pagi ini Gunung Semeru terpantau cerah berawan. Meski masih berstatus level IV atau awas.

Saat ini pengungsi saat pagi kembali ke rumah masing-masing. Mereka melakukan aktivitas seperti membersihkan rumah dan mencari barang-barang yang bisa diselamatkan. Namun kembali saat malam hari di posko pengungsian.

Sebelumnya, Gunung Semeru kembali mengalami erupsi. Erupsi terjadi sekitar pukul 05.21 WIB, Kamis (8/12/2022). Tinggi letusan teramati kurang lebih 300 meter di atas puncak 3.976 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 19 mm dan durasi 72 detik.



Simak Video "Menilik Dampak yang Timbul Akibat Erupsi Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/fat)