Tragedi Satu Keluarga Tewas Saat Mobil Tertabrak Kereta Api Barang

Tragedi Satu Keluarga Tewas Saat Mobil Tertabrak Kereta Api Barang

Amir Baihaqi - detikJatim
Selasa, 06 Des 2022 07:01 WIB
Kondisi pikap yang ditumpangi korban setelah tertabrak KA di Malang
Kondisi pikap yang ditumpangi korban setelah tertabrak KA di Malang (Foto. Isitimewa)
Malang -

Kecelakaan maut terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di Dusun Kebonsari, Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Pikap yang ditumpangi satu keluarga tertabrak kereta api (KA) Senin (5/12). Akibatnya, tiga anggota tewas dalam kecelakaan tersebut.

Ketiga korban adalah suami sekaligus pengemudi Adi Tri Prasetyono (34) yang meninggal saat mendapatkan perawatan di RSUD Kanjuruhan. Lalu istri Sintya Anggun Pratimorukmi (30) dan putrinya Rania Ardhiana Aditya baru berusia 3 tahun tewas di lokasi. Korban merupakan warga Dusun Kalimeri, Desa Tambakasri, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

"Korban meninggal tiga orang, yakni bapak, ibu serta anak. Satu keluarga yang merupakan pengemudi serta penumpang mobil pikap Isuzu Panther," kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Malang Iptu Sunarko Rusbiyanto, Senin (5/12/2022).

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.04 WIB. Saat itu, mobil pikap melaju dari arah utara menuju selatan. Nahas, kendaraan ditumpangi satu keluarga berjumlah tiga orang itu dihantam KA barang yang melaju dari arah timur (Malang) menuju barat (Blitar).

Akibat tabrakan itu, mobil pun terhempas hingga masuk ke area persawahan yang berada beberapa meter dari perlintasan tanpa palang pintu itu. Dua penumpang meninggal dunia di lokasi kejadian,

Warga sekitar yang mengetahui adanya kecelakaan langsung melapor ke polisi. Evakuasi korban beserta bangkai mobil yang terbalik di persawahan kemudian dilakukan bersama petugas.

Terpisah, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, rangkaian KA yang terlibat kecelakaan merupakan KA parsel (barang) yang akan menuju Jakarta dari Stasiun Malang.

"Perjalanan KA barang parcel relasi Malang - Jakarta di KM 74+800 antara Stasiun Kepanjen - Stasiun Ngebruk tertemper mobil di perlintasan liar pada jam 17.04 WIB. Akibat dari kejadian tersebut, lokomotif KA Parcel mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan lokomotif baru dari Stasiun Malang. Pukul 18.40 WIB, KA tersebut berangkat kembali atau terganggu perjalanannya selama 97 menit,"ujar Luqman.

Menurutnya, TKP kecelakaan merupakan perlintasan liar yang memang tak ada palang pintu. "Itu perlintasan liar tanpa palang pintu, di mana terjadi kecelakaan," kata Luqman.



Simak Video "Mobil Tertabrak Kereta Siliwangi di Cianjur, Dua Orang Luka Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)