Pakar Gempa ITS Sebut Probolinggo Rawan Gempa Susulan

Pakar Gempa ITS Sebut Probolinggo Rawan Gempa Susulan

Denza Perdana - detikJatim
Kamis, 24 Nov 2022 18:57 WIB
Gempa Probolinggo membuat sejumlah warga di Paiton panik berlarian keluar rumah
Ilustrasi. (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Surabaya -

Dosen sekaligus peneliti senior di Pusat Studi Mitigasi, Kebencanaan dan Perubahan Iklim (MKPI) ITS Dr Ir Amien Widodo MSi menyebutkan bahwa Probolinggo rawan terjadi gempa susulan.

Seperti halnya yang terjadi di Cianjur, ada gempa susulan.

"Gempa susulan itu selalu ada, tapi biasanya selalu lebih kecil," kata Amien ketika dihubungi detikJatim, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya gempa M 4,1 di Probolinggo pada Rabu (23/11) bisa terjadi akibat 2 sesar. Bisa karena Sesar Probolinggo maupun Sesar Wongsorejo. Getaran gempa itu dirasakan di empat kecamatan di Probolinggo, bahkan hingga di Situbondo.

"Jadi kalau dilihat memang dia lebih dekat atau di antara Sesar Probolinggo dan Sesar Wongsorejo di utara banyuwangi. Jadi di antara itu lah," katanya.

Menurutnya gempa tektonik yang terjadi pada Rabu sore pukul 17.45 WIB itu bisa saja dipengaruhi adanya pergerakan magma di gunung berapi. Seperti diketahui, kawasan Probolinggo hingga Banyuwangi terdapat sejumlah gunung berapi.

"Jadi memang kalau di daerah dekat vulkanik atau gunung api itu sering mengakibatkan gempa. Jadi saat perjalanan magma ke atas itu seringkali menimbulkan gempa," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengatakan bahwa gempa yang terjadi Rabu sore itu diduga akibat aktifnya Sesar Wongsorejo.

"Gempa Probolinggo merupakan sesar yang terjadi di sebelah timur atau Sesar Wongsorejo," kata Rachmad.

Dia menambahkan Sesar Wongsorejo merupakan sesar yang melewati daerah Banyuwangi dengan panjang sekitar 10 Km. Sementara gempa Rabu sore itu berpusat di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar.

"Di Desa Tambak Ukir itu Sesar Wongsorejo. Karena kalau sesar Probolinggo setahu saya dari Kecamatan Gending ke daerah Pasuruan. Sedangkan kemarin itu masuk sesar yang sebelah timur," terangnya.

Sejumlah rumah warga rusak akibat gempa tersebut. Ada 4 rumah warga yang retak-retak dan satu rumah fondasinya longsor. Warga Paiton dan Banyuglugur yang terutama merasakan getaran gempa itu.



Simak Video "Gempa M 6,8 Guncang Enggano Bengkulu!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)