BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Jatim saat Weekend

BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Jatim saat Weekend

Faiq Azmi - detikJatim
Minggu, 20 Nov 2022 04:04 WIB
Ilustrasi petir
Ilustrasi petir. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Asa Schlobohm)
Surabaya -

BMKG Klas I Juanda memperingatkan potensi cuaca ekstrem di Wilayah Jawa Timur hari ini hingga sepekan ke depan. Curah hujan di Jatim diperkirakan masih tinggi.

"Berdasar analisis kondisi iklim wilayah di Jawa Timur saat ini berada di musim hujan dan dinamika atmosfer di Jawa Timur masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah selama sepekan ini," kata Kepala BMKG Klas I Juanda Taufiq Hermawan, Minggu (20/11/2022).

Taufiq menjelaskan, masih adanya potensi cuaca ekstrem di Jatim disimpulkan dari hasil analisis dinamika atmosfer di Jatim. Hasil analisis itu menunjukkan adanya pola siklonik di Laut Jawa yang menyebabkan daerah konvergensi, serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di Jatim.

Selain itu, lanjut Taufiq, aktifnya fenomena MJO (madden-julian oscillation), serta suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomali antara +0.5 sampai dengan +2.5 celcius.

"Sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer. Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es," bebernya.

Dampaknya, kata Taufiq, beberapa wilayah memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi.

Di antaranya wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten/Kota Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Kabupaten Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Batu, Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupatn Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.



Simak Video "Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Langkah Antisipasi BNPB"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/dte)