Menpan RB Minta Layanan Mal Pelayanan Publik Probolinggo Berubah ke Digital

Menpan RB Minta Layanan Mal Pelayanan Publik Probolinggo Berubah ke Digital

M Rofiq - detikJatim
Jumat, 18 Nov 2022 03:03 WIB
mal pelayanan publik probolinggo
MenPAN RB kunker ke Mal Pelayanan Publik Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Menpan RB Abdullah Azwar Anas melakukan Kunker ke Mal Pelayanan Publik Probolinggo. Anas meminta birokrasi pelayanan dilakukan lincah dan cepat serta di lakukan digitalisasi.

Hal itu merupakan 3 arahan Presiden Indonesia tentang reformasi birokrasi, yakni birokrasi yang berdampak langsung ke masyarakat, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, dan birokrasi lincah dan cepat.

"Arahan presiden inilah yang harus dilaksanakan di tempat-tempat pelayanan birokrasi yang ada di daerah, sehingga birokrasi yang di jalankan oleh daerah khususnya Kabupaten Probolinggo dapat berdampak kepada masyarakat," ujar Anas dalam sambutannya, Kamis (17/11/2022).

Selain itu, mantan Bupati Banyuwangi ini juga memuji Probolinggo, yang telah membangun Mal Pelayanan Publik yang berjalan dengan baik. Meski berganti kepemimpinan, namun MPP Probolinggo kinerjanya justru semakin bagus dalam hal melayani masyarakat. Salah satu peningkatannya adalah adanya perkembangan pelayanan, serta adanya inovasi drive thru.

"Saya salut dan memberi apresiasi dan berharap Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo yang sudah berkembang ke sistem digitalisasi, sehingga masyarakat yang mengurus perizinan dan birokrasi lainnya tidak perlu lagi datang, cukup menggunakan HP," jelas Anas.

Sejak MPP Probolinggo di-lauching pada 18 Desember 2018, ada 12 instansi internal dengan 127 layanan dan 10 instansi vertikal dengan 29 layanan. Dan saat ini berkembang yakni ada 16 instansi internal dengan 105 layanan serta ada 16 instansi vertikal dengan 50 layanan.

Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan dengan adanya pelayanan drive thru, maka pelayanan di MPP ini dapat semakin cepat, serta pelayanan secara digitalisasi yang disampaikan Menpan RB saat ini masih dirintis, dan segera akan diterapkan.

"Inovasi drive thru ini memudahkan pengurusan birokrasi tanpa harus masuk ke dalam MPP, serta dapat dengan cepat selesai, selain ini, saat ini Pemkab Probolinggo telah merintis pelayanan secara digital sesuai arahan Menpan RB, sehingga digitalisasi ini segera terwujud dan diterapkan," tandas Timbul.



Simak Video "Profil Azwar Anas, Eks Bupati Banyuwangi yang Akan Jadi MenPAN-RB"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)