Banyak RW di Surabaya Ramai-ramai Ajukan Pemasangan CCTV ke Pemkot

Banyak RW di Surabaya Ramai-ramai Ajukan Pemasangan CCTV ke Pemkot

Esti Widiyana - detikJatim
Selasa, 15 Nov 2022 23:19 WIB
cctv surabaya
Salah satu CCTV yang terpasang di salah satu sudut RW (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Pemkot Surabaya telah memasang sebanyak 1.344 dari 1.944 CCTV yang tersebar di 486 RW. Pemasangan CCTV ini guna mendukung keamanan dari tindakan kejahatan di Surabaya.

Kepala Dinas Kominfo Surabaya, M Fikser menyebutkan, CCTV yang sudah terpasang ada sebanyak 1.344 unit di 326 RW. Yakni di Surabaya Utara sebanyak 340 CCTV di 85 RW, Barat 304 CCTV di 76 RW, Pusat 312 CCTV di 78 RW, Timur 464 CCTV di 116 RW dan di Selatan 520 CCTV di 130 RW.

"Belum terpasang 149 RW ada 596 CCTV. Target akhir pemasangan awal Desember. Memang dari Pak Wali Kota pemasangan CCTV itu dipercepat, seharusnya Juni kemarin tapi ada kendala. Lalu terpasang bulan September kemarin sampai target awal Desember selesai," kata Fikser kepada detikJatim di ruang kerjanya, Selasa (15/11/2022).

Fikser mengatakan satu RW yang mengajukan CCTV, maka akan dipasang di empat titik. Ketika musrembang, pengajuan CCTV tersebut akan diajukan, kemudian dilakukan pendampingan dan mengundang jajaran ITS untuk menghitung kebutuhan.

Pihaknya juga melakukan verifikasi di lapangan dengan mengundang RT dan RW. Lalu bersama-sama melihat proses pemasangan hingga mengecek hingga CCTV hidup. Permintaan pemasangan kamera pengawas di perkampungan pun meningkat dari RW kepada Pemkot Surabaya.

"Banyak yang mengajukan CCTV ke pemkot. kammi sudah beritahu, kalau tahun depan bisa diajukan ke musrembang," ujarnya.

Fikser menjelaskan pemasangan CCTV di perkampungan ini bukan untuk menangkap pencurian. Melainkan untuk mengantisipasi tindakan kejahatan dan kriminalitas di lingkungan warga.

"Bukan berarti ada kejadian itu hanya untuk mempercepat proses. Mengungkapkan kasus, paling penting adanya CCTV itu juga warga kewaspadaan diri. Ini membantu proses mengungkapkan suatu kasus," jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, selama ini ia selalu menekankan bahwa membangun sebuah kota itu harus melibatkan seluruh kekuatan masyarakat. Seperti halnya ketika dahulu para pejuang bersama-sama dalam merebut kemerdekaan.

"Kemerdekaan itu sekarang dari keamanan pencurian, kemerdekaan dari kemiskinan, kemerdekaan dari kebodohan, dari pengangguran. Ini berarti apa, masyarakatnya harus aktif," kata Eri.

Maka dari itulah, Pemkot Surabaya juga ingin melibatkan masyarakat dalam memastikan keamanan wilayah. Nah, untuk mendukung hal tersebut, pemkot berencana memasang CCTV di wilayah perkampungan.

"Kalau di setiap RW mau pasang CCTV, ya ayo. Tapi setelah itu dipikirkan bagaimana dia bayar perbulannya. Jangan dibebankan pemerintah lagi," pungkasnya.



Simak Video "Pria Siksa Balita Grace Hingga Tewas Terekam CCTV, Korban Terkulai"
[Gambas:Video 20detik]
(esw/iwd)