5 Minuman Pembersih Otak, Bisa Cegah Demensia hingga Stroke

Kabar Kesehatan

5 Minuman Pembersih Otak, Bisa Cegah Demensia hingga Stroke

Tim detikHealth - detikJatim
Kamis, 27 Okt 2022 12:02 WIB
ilustrasi otak
Ilustrasi otak manusia. (Foto: thinkstock)
Surabaya -

Sebagian orang lanjut usia (lansia) rawan mengalami penyakit terkait gangguan otak. Seperti penurunan daya ingat (demensia) yang berujung pada alzheimer hingga stroke. Kabar baiknya, masyarakat bisa mencegah penyakit itu dengan mengonsumsi minuman pembersih otak.

Apa saja minuman pembersih otak? Baca rinciannya berikut ini yang dikutip dari detikHealth.

5 Minuman Pembersih Otak

Melansir dari Healthline, banyak cara sederhana untuk meningkatkan fokus dan memori manusia. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman tinggi oksidan atau mengandung probiotik. Berikut rinciannya.

1. Kopi

Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi 40-300 mg kafein atau 0,5-3 cangkir kopi dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, mempercepat reaksi tubuh, dan memori. Kesimpulannya, sebagian besar kebutuhan otak dapat dipenuhi dengan konsumsi kopi.

2. Jus Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan memori otak dan kemampuan bahasa. Namun, pengidap diabetes harus berhati-hati dengan konsumsi jus jeruk karena tinggi kalori dan gula.

3. Jus Bluberi

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat antioksidan polifenol dari bluberi dapat memberikan manfaat besar bagi otak. Karenanya, buah ini kerap disarankan kepada orang dengan gangguan saraf untuk memperkuat kembali memori jangka panjang dan pendek.

4. Teh

Senyawa nootropik yang terkandung di dalam teh hijau bisa menaikan kinerja otak. Nootropik adalah sebuah senyawa alami yang juga bisa meningkatkan fungsi otak.

5. Jus Bitroot

Bit adalah sayuran akar merah tua yang kaya akan oksida nitrat. Senyawa tersebut digunakan tubuh untuk meningkatkan oksigenasi sel dan meningkatkan aliran darah. Di samping itu, oksida nitrat membawa dampak baik kepada seseorang guna menggunakan bahasa yang lebih jelas, menangkap pembelajaran, dan membantu mengambil keputusan yang tepat.



Simak Video "RS PON Ajak Masyarakat Jalan Sehat dalam Memperingati World Stroke Day"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)