5 Aplikasi Chatting yang Populer Selain WhatsApp

5 Aplikasi Chatting yang Populer Selain WhatsApp

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Selasa, 25 Okt 2022 22:49 WIB
Ilustrasi cara mendapat centang hijau di whatsapp (WA).
Ilustrasi/Foto: Dima Solomin/Unsplash
Surabaya -

Banyak aplikasi chatting atau percakapan selain WhatsApp. Sehingga ketika WhatsApp down seperti tadi siang, Selasa (25/10/2022), Anda tak perlu bingung.

Anda bisa menggunakan aplikasi yang fungsinya relatif sama dengan WhatsApp. Seperti Telegram, Line, Facebook Messenger, Skype dan WeChat.

1. Telegram

Aplikasi ini sama seperti WhatsApp yang menggunakan enkripsi end-to-end. Selain gratis, Telegram juga disebut lebih aman karena menggunakan protokol MTProto.

Kelebihan Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp di antaranya, kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas dan kualitas data atau media yang dikirim tidak turun. Kemudian kapasitas grup lebih besar.

Anda bisa mengunduh Telegram di Playstore maupun Appstore.

2. Line

Line juga memiliki fitur yang tak jauh berbeda yaitu aplikasi chatting. Selain itu, keunggulan Line juga tak bisa diremehkan, seperti adanya update informasi terkini pada fitur timeline.

Line juga bisa diunduh di Playstore maupun Appstore.

3. Facebook Messenger

Facebook Messenger juga menggunakan enkripsi end-to-end. Selain gratis, aplikasi ini juga tersinkronisasi dengan kontak dan akun Facebook.

Tak hanya itu, Anda bisa mengaksesnya di semua platform baik di Android, ios, maupun desktop. Kini, di Facebook Messenger juga ada fitur mode gelap yang lebih nyaman di mata.

4. Skype

Selain dikenal sebagai aplikasi video conference, skype juga bisa digunakan untuk mengirim pesan. Saat darurat, Anda bisa berkabar lewat skype yang juga menggunakan enkripsi end-to-end.

Selain menggunakan kuota internet, skype juga bisa menggunakan pulsa. Untuk kualitas gambar, skype memiliki kualitas lebih jelas dari Google Duo.

5. WeChat

WeChat juga merupakan aplikasi chatting yang populer di China. Tak hanya chatting, aplikasi ini juga bisa mengirim gambar atau video dalam sebuah fitur yang disebut 'moment'.

Selain itu, WeChat memiliki fitur nearby atau radar sekitar sehingga pengguna dapat mencari teman baru dengan menggerakkan smartphone. Anda bisa mengunduhnya di Playstore secara gratis.



Simak Video "3 Fitur Baru Telegram yang Rilis di Awal 2023 "
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)