Satu Lansia Korban Banjir Banyuwangi Alami Hipotermia Dibawa ke Puskesmas

Satu Lansia Korban Banjir Banyuwangi Alami Hipotermia Dibawa ke Puskesmas

Ardian Fanani - detikJatim
Senin, 17 Okt 2022 15:28 WIB
Satu lansia warga Lingkungan Sutri Kecamatan Sobo, Banyuwangi terjebak banjir di dalam rumahnya, dibawa ke puskesmas
Satu lansia warga Lingkungan Sutri Kecamatan Sobo, Banyuwangi dibawa ke puskesmas (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Satu dari tiga lansia warga Lingkungan Sutri Kecamatan Sobo, Banyuwangi terjebak banjir di dalam rumahnya, dibawa ke puskesmas terdekat. Itu karena kondisinya kedinginan dan lemas karena hipotermia.

Sebelumnya, puluhan warga Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, yang terjebak banjir di dalam rumahnya dievakuasi. Saat itu saat banjir merendam rumahnya setinggi pinggang orang dewasa.

"Ada sekitar 20 orang yang dievakuasi tadi, ada anak-anak hingga lansia," jelas Babinsa Kelurahan Sobo, Serda Didi Budi saat dikonfirmasi, Senin (17/10/2022).

Satu lansia, Siti Marpuah (67) langsung dibawa ke Puskesmas setempat. Ini karena kondisinya kedinginan. Sementara dua orang lansia lainnya masih dalam kondisi sehat.

"Dua kami bawa ke tempat lebih tinggi. Sementara satu lainnya kita bawa ke Puskesmas karena kedinginan," pungkasnya.

Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, banjir yang melanda sejumlah wilayah perkotaan ini diakibatkan curah hujan tinggi sejak Minggu (16/10/2022) malam.

"Curah hujan yang mengguyur mulai tadi malam sampai pagi tadi, mengakibatkan beberapa wilayah di Banyuwangi terjadi banjir. Sedangkan yang lebih parah terjadi di Perumahan Sutri, sekitar Kali Sobo," ujarnya kepada wartawan.

Khusus di wilayah Perumahan Sutri, lanjut dia, diakibatkan luapan Sungai Kali Sobo yang tidak mampu menahan debit air karena jembatan tersumbat tumpukan sampah. Dampaknya air meluber hingga ke permukiman warga.

"Tapi alhamdulilah korban jiwa kita cek tidak ada. Hanya sekitar 200 rumah mungkin terdampak genangan banjir," cetusnya.

Ilzam menyebut, fokus penanganan kali ini terpusat di rumah-rumah warga yang berada di bantaran Sungai Kali Sabo. Kemudian dilanjut penanganan di wilayah terdampak lainnya.

"Seperti wilayah Gareng, Kampung Ujung, kemudian Pakis Rowo untuk membantu membersihkan rumah dan menyuplai stok makanan," jelasnya.



Simak Video "TPU di Banyuwangi Diterjang Banjir, Puluhan Mayat Hanyut"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)