Sungai di Banyuwangi Meluap Banjiri Jalan Imbas Hujan Deras 4,5 Jam

Ardian Fanani - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 21:19 WIB
Banjir di Banyuwangi
Foto: Banjir Banyuwangi Ardian Fanani
Banyuwangi -

Hujan dengan intensitas tinggi melanda Banyuwangi. Hujan yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB hingga 18.30 WIB ini membuat sejumlah sungai di Banyuwangi meluap. Tak hanya itu, kendaraan banyak yang macet karena terendam banjir.

Sementara itu, hujan juga menyebabkan sejumlah ruas jalan di Banyuwangi tergenang air. Salah satunya adalah di pertigaan Jelun, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Sejumlah kendaraan bersusah payah menerjang air limpahan dari atas. Beberapa kendaraan sempat terguling karena terseret air yang cukup deras.

Salah seorang warga di Desa Jelun, Kecamatan Licin, Farid Hidayatullah (25) mengatakan, air meluap dari sungai saluran irigasi.

Dikarenakan posisi Desa Jelun yang berwilayah perbukitan, membuat air meluncur bebas ke bawah hingga memutus akses masuk ke desa.

Bahkan, debit air yang tinggi memenuhi jalan raya arah menuju TWA Kawah Ijen. Hal ini membuat pengendara harus dibantu saat melintas.

"Pas tanjakan mau naik ke desa itu, di situ ada sungai irigasi kecil nah itu meluap. Pemukiman tidak ada yang kena dampak hanya akses saja yang tersendat karena airnya deras sekali," kata Farid saat dikonfirmasi, Sabtu (1/10/2022).

Farid menyebut, saat ini warga bersama petugas masih melakukan penjagaan di lokasi luapan. Mereka membantu para pengendara untuk melintas.

"Warga gotong royong membantu pengendara motor saat melintas karena airnya deras sekali," ujarnya.

Dari laporan BPBD Banyuwangi, sejumlah sungai yang meluap diantaranya di wilayah Tulungrejo Glenmore, Kandangan Pesanggaran dan Jelun Licin. Sedangkan jalan yang tergenang diantaranya di Tukangkayu Banyuwangi dan di wilayah Kalipuro.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Yunus Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menerima laporan sungai meluap di 3 kecamatan tersebut. Yakni Tulungrejo Glenmore, Kandangan Pesanggaran dan Jelun Licin.

"Petugas pusdalops masih mengecek kondisi di tempat kejadian," kata Yunus.

Hingga saat ini, di masing-masing wilayah, belum ada laporan luar biasa yang ditimbulkan oleh luapan sungai tersebut.

"Hingga kini belum ada laporan luar biasa mengenai dampak yang ditimbulkan. Petugas masih proses untuk melakukan pengecekan," tandasnya.



Simak Video "Pilu Korban Banjir di Banyuwangi, Rumah Rata Disapu Air Bah"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)