Warga Tabur Bunga di Lokasi Gubernur Pertama Jatim Dibunuh PKI

Warga Tabur Bunga di Lokasi Gubernur Pertama Jatim Dibunuh PKI

Sugeng Harianto - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 17:18 WIB
Tabur bunga di lokasi terbunuhnya Gubernur Suryo di Ngawi
Warga tabur bunga di lokasi terbunuhnya Gubernur Suryo di Ngawi (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Ngawi -

Belasan warga Ngawi dan ormas Pemuda Pancasila menggelar acara tabur bunga di tugu sungai Kakak Sonde Desa Bangunrejolor, Pitu, Ngawi. Sungai Kakak Sonde merupakan lokasi tewasnya Gubernur Soerjo di tangan PKI.

Acara tabur bunga dan doa bertepatan di hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang tragedi tewasnya Gubernur pertama Jatim itu.

"Hari kesaktian Pancasila tidak hanya sebagai giat pemasangan bendera atau upacara saja, tapi juga tabur bunga dan doa untuk almarhum Gubernur Soerjo," ujar Ketua Pemuda Pancasila Ngawi Imam Nasrulloh kepada wartawan di lokasi, Sabtu (1/20/2022).

Kegiatan upacara dan tabur bunga di tugu lokasi tewasnya Gubernur Soerjo, kata Imam, agar pemuda Ngawi dan semuanya tidak melupakan kekejaman PKI. Ngawi tercatat dalam sejarah sebagai tempat pembunuhan Gubernur Soerjo.

"Kami tidak lupa dengan sejarah para pahlawan, semoga dengan adanya giat peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, kita bisa mengingatkan bahwa peristiwa keji itu pernah ada di Kabupaten Ngawi,"jelas Imam.

Usai melakukan upacara dan tabur bunga di tugu tanda lokasi kebiadaban PKI menyiksa Gubernur Soerjo dan dua pengawalnya, belasan pemuda Pancasila Ngawi membagikan paket sembako kepada warga sekitar.

"Alhamdulillah kita juga diberi kesempatan membagikan paket sembako untuk warga tidak mampu di sekitar lokasi semoga bisa bermanfaat," tandasnya.

Data yang dihimpun detikJatim, tugu lokasi pembantaian Gubernur Soerjo di sungai Kakak Sonde Desa Bangunrejolor Kecamatan Pitu, berada sekitar 15 Km utara dari Monumen Soerjo yang berada di Jalan Raya Ngawi Solo Desa Pelanglor, Kedunggalar.

Dari lokasi monumen tersebut, Gubernur Soerjo dan dua pengawalnya yakni Kombes M Duriat dan Kompol Sunarko diseret menuju Sungai Kakak Sonde anak dari Bengawan Solo.

Lokasi Sungai Kakak Sonde dari pusat Ngawi kota berjarak sekitar 21 Km arah barat.



Simak Video "Momen Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)