Angin Kencang Porak-porandakan Tenda Peserta Surabaya Kite Festival 2022

Angin Kencang Porak-porandakan Tenda Peserta Surabaya Kite Festival 2022

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 15:00 WIB
Tenda festival layang-layang Surabaya diterjang angin
Tenda festival layang-layang Surabaya diterjang angin (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Perayaan internasional layang-layang, Surabaya Kite Festival 2022 yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) di Long Beach Area Selatan, Pakuwon City, Kota Surabaya molor. Bahkan, mengalami beberapa kendala akibat cuaca buruk, yakni angin kencang.

Dari pantauan detikJatim, kegiatan tersebut juga sempat diguyur hujan. Tak ayal, kegiatan yang seharusnya dimulai pukul 10.00 harus mundur.

Pantauan detikJatim, para peserta telah merakit sejumlah layang-layang mereka di dalam tenda yang disediakan pantia. Bahkan, para peserta yang berasal dari Jepang, Singapura, hingga Swedia itu sempat melakukan warming up atau uji coba penerbangan di lapangan.

Salah satu peserta asal Indonesia, Jarot mengatakan, angin kencang menyebabkan beberapa tenda roboh. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian nahas itu.

"Punya saya ada yang belum (dirakit)," kata Jarot saat ditemui di lokasi, Sabtu (1/10/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari sejak 1 sampai 2 Oktober 2022, itu diikuti sekitar 92 peserta. Seluruhnya, tampak terkejut ketika angin kencang berhembus dan memporak porandakan tenda non permanen di lokasi.

Padahal, sebelumnya, panitia telah mengimbau kepada para peserta melalui pengeras suara untuk bersiap untuk menerbangkan layang-layang masing-masing. Mengingat, kegiatan tetap berlangsung meski sempat diguyur hujan singkat dan tak deras.

"Penilaian layang-layang 3 dimensi dulu, (disusul) 2 dimensi. Ayo! Semua peserta silakan merapat ke tenda registrasi, lalu kita mulai (menerbangkan layang-layang)," ujar pemandu acara saat kegiatan.

Sedangkan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Farah Andita Ramadhani menegaskan, acara tidak molor. Bahkan, sesuai jadwal yang ditentukan.

"Nggak molor, tetap sesuai jadwal, sesuai rilis yang kemarin," tutur Farah ketika dikonfirmasi awak media di tenda panitia.



Simak Video "Jalan Paccerakang Makassar Banjir, Polisi Evakuasi Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)