FKUB Jatim Kecam Penyebaran Tabloid Anies Baswedan yang Sasar Masjid Malang

FKUB Jatim Kecam Penyebaran Tabloid Anies Baswedan yang Sasar Masjid Malang

Deni Prastyo - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 16:42 WIB
Tabloid Anies Baswedan
Tabloid Anies Baswedan yang dibagikan di Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Surabaya -

Polda Jatim menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Hotel Bumi, Surabaya. Selepas acara, FKUB sempat menyorot penyebaran tabloid Anies Baswedan yang menyasar masjid di Kota Malang. Mereka mengecam tempat ibadah yang dijadikan sasaran kegiatan politik.

"Kalau dijadikan kegiatan politik itu tidak benar, bahkan saya mengimbau kepada pemilik rumah ibadah di daerah untuk melarang. Bisa-bisa harus buat plakat, bahwa rumah ibadah dilarang dijadikan kegiatan politik," tegas Ketua FKUB Provinsi Jatim KH A. Hamid Syarif, Kamis (29/9/2022).

Kiai Hamid menyorot penyebaran tabloid Anies Baswedan di Kota Malang yang tidak terdeteksi oleh takmir masjid. Menurutnya, takmir masjid juga tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Sebab, kata Kiai Hamid, penyebar tabloid itu memang tidak pernah berniat untuk pamit ke takmir masjid.

"Misalnya ada yang meletakkan koran, masak ya harus pamit. Karena niatnya sudah berbeda dengan semula, tahu-tahu nanti dijadikan publikasi bahwa tempat ibadah adalah menyebarkan atau memperbanyak tabloid dari satu agama, jadi sasarannya bisa politik atau fitnah," jelasnya.

Kendati demikian, dia juga berpesan kepada takmir masjid agar tetap mempunyai langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang. Supaya, masjid juga tidak dijadikan sasaran kampanye politik.

"Orang pergi ke masjid, orang menilai itu untuk beribadah, untuk salat, tapi ini disalahgunakan. Masak kita curiga orang pergi ke masjid," tukasnya.



Simak Video "Soal Tabloid Anies Baswedan di Malang yang Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)