Fondasi Tanggul Jebol hingga Abrasi Pantai Imbas Hujan Deras Guyur Pacitan

Fondasi Tanggul Jebol hingga Abrasi Pantai Imbas Hujan Deras Guyur Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 23:05 WIB
banjir di pacitan
Saluran air di Jalan S Parman nyaris jebol pada bagian fondasi (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Saluran air di Jalan S Parman Pacitan nyaris jebol pada bagian fondasi. Ini menyusul peningkatan debit air pascahujan deras, Senin (26/9). Perbaikan pun dikebut hingga malam ini.

"Kita targetkan hari ini harus selesai sehingga teman-teman satgas drainase harus lembur," kata Kepala Dinas PUPR, Suparlan dikonfirmasi detikJatim, Selasa (27/9) malam.

Kerusakan saluran air tersebut, lanjut Suparlan, diakibatkan arus air yang sangat kuat serta tekanan yang tinggi. Dampaknya bangunan tergerus hingga jebol pada bagian dasar.

"Ini sangat membahayakan sehingga harus ditangani segera," tandas Suparlan.

Saluran air sepanjang ruas Jalan S Parman hingga belok ke ruas Jalan Ahmad Yani kerap meluap saat hujan deras. Terlebih permukaannya lebih tinggi ketimbang permukiman. Banjir pun tak terhindarkan.

Sementara itu BPBD setempat mencatat kerusakan akibat curah hujan tinggi juga terjadi di sejumlah titik lain. Kawasan wisata Soge mengalami abrasi. Sedangkan jalan ambrol terjadi di Kecamatan Tulakan dan Sudimoro.

Tidak itu saja, beberapa rumah warga juga terdampak longsor. Antara lain di wilayah Kecamatan Tulakan, Sudimoro, Ngadirojo, dan Kecamatan Kota.

"Di (pantai ) Soge tanaman cemara rusak. Abrasi juga hampir mengenai rumah dan jalan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko.

Erwin pun mengingatkan masyarakat akan pentingnya membangun kesiapsiagaan. Warga yang tinggal di kawasan rawan diimbau selalu memantau gejala alam yang terjadi serta mengambil langkah mitigasi jika terjadi potensi bencana.



Simak Video "Penampakan Mobil Terbakar Hebat di Tanjakan Sedeng Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)