Rengkek Polisi di Jombang Laris Manis Diserbu Tukang Becak-PKL di Jalan

Rengkek Polisi di Jombang Laris Manis Diserbu Tukang Becak-PKL di Jalan

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 00:35 WIB
polres jombang
Polwan Polres Jombang membagikan nasi bungkus dari rengkek yang dibawanya (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Ada hal unik yang dilakukan anggota Satlantas Polres Jombang setiap Jumat pagi. Polisi lalu lintas di kota santri ini rutin membawa rengkek sedekah untuk membagikan ratusan nasi bungkus di jalan raya.

Rengkek sedekah yang digagas Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto ini berupa keranjang kain yang diletakan di jok belakang sepeda motor patroli. Setiap Jumat pagi, rengkek sedekah ini diisi 200 nasi bungkus.

"Itu patungan dari seluruh anggota Satlantas setelah apel pagi. Siapa yang mau sedekah dikumpulin buat beli nasi bungkus untuk Jumat berkah. Biasanya terkumpul sampai 200 bungkus nasi," kata Rudi kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Rudi menjelaskan 2 armada rengkek sedekah dioperasikan 2 polisi wanita (Polwan) setiap Jumat pagi. Masing-masing sepeda motor rengkek sedekah membawa 100 nasi bungkus.

Mereka membagikan ratusan nasi bungkus ke para tukang becak, tukang parkir, ojek online hingga pedagang kaki lima di jalan-jalan protokol di Kota Santri. "Mereka keliling mencari PKL, tukang parkir, tukang becak. Pokok untuk Jumat berkah," jelasnya.

Gerakan rengkek sedekah ini, tambah Rudi baru berjalan 3 pekan terakhir. Ia berharap gerakan tersebut bisa membantu sesama setiap Jumat pagi. Selain itu, juga untuk menanamkan rasa peduli sesama kepada seluruh anggotanya.

"Tujuannya Jumat berkah saja. Saling membantu," tandasnya.



Simak Video "Polisi Gelar Perkara Kecelakaan Maut Vanessa Angel dan Suami"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)