Masuk Pancaroba, Hawa Kota Probolinggo Sumuk Banget

Masuk Pancaroba, Hawa Kota Probolinggo Sumuk Banget

M Rofiq - detikJatim
Jumat, 23 Sep 2022 23:17 WIB
bpbd kota probolinggo
Petugas BPBD menunjukkan pola cuaca di Kota Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Kota Probolinggo -

Memasuki akhir bulan September, Kota Probolinggo mulai memasuki musim pancaroba yang ditandai dengan suhu panas yang lumayan tinggi. BPBD Kota Probolinggo memprediksi Kota Probolinggo mulai masuk musim hujan pada bulan Oktober.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo mengatakan saat ini intensitas angin gending (kencang) di Probolinggo mulai menurun. Angin ini terjadi pada bulan Agustus dengan kecepatan angin 32 km/ jam.

"Dengan kondisi ini, wilayah Probolinggo mulai masuk musim pancaroba, dengan ditandai suhu panas di siang hari yang terasa cukup panas, dengan suhu 27 hingga 32 derajat celsius. Kondisi ini masih dipengaruhi oleh fenomena La Nina," ujar Sugito kepada detikJatim, Jumat (23/9/2022).

Fenomena La Nina ini juga mempengaruhi suhu dingin yang terjadi pada malam hari hingga pagi pukul 07.00 WIB. Sedangkan di atas pukul 07.00, suhu juga terasa panas, karena sedikitnya awan di langit.

Selain itu, potensi cuaca ekstrem juga bisa terjadi di musim pancaroba ini, mulai angin kencang, dan hujan yang turun dengan lebat.

Dengan mulai masuknya musim pancaroba, dengan malam terasa dingin, dan siang terasa panas, dan angin yang bertiup cukup kencang, BPBD Kota Probolinggo menhimbau bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan, terlebih jika melakukan aktivitas di luar juga harus mempertimbangkan kondisi badan.

"Selain itu, untuk mempersiapkan mulainya musim penghujan, masyarakat diminta untuk menjaga lingkungan, selalu membersihkan saluran air, dan juga selalu memotong pohon yang dianggap terlalu tinggi.

Cuaca panas dikeluhkan oleh Susanto (38), warga Pilang, Kademangan, Kota Probolinggo. Sejak 5 hari ini cuaca di Kota Probolinggo panas. Bahkan kondisi tubuhnya demam akibat panas berlebih ini.

"5 hari ini suhu udara di Kota Probolinggo panas. Bahkan udara yang keluar dari kipas angin bukan dingin, malah keluarkan hawa panas, badan ini sejak 3 hari lalu demam karena hawa panas," ujar Santo.

Irwan (45) juga mengatakan hal yang kurang lebih sama. Siang dan malam hari, suhu di Kota Probolinggo panas. Bahkan Irwan mengaku saat di kantor ia sering melepas kemeja dan memakai kaos.

"Siang di kantor lepas kemeja tidak betah panasnya, dan kalau malam lagi juga panas, jadi nyalakan AC," kata pria asal Jember ini.



Simak Video "Suhu Ekstrem, Kebun Binatang Spanyol Beri Makan Hewan Buah-Daging Beku"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)