Pemerintah Bakal Buat Peraturan untuk Penguatan Sistem Cyber di Daerah

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Rabu, 21 Sep 2022 21:59 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: M Bagus Ibrahim)
Kota Batu -

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa pemerintah pusat akan membuat peraturan yang mengarahkan pemerintah daerah (Pemda) agar melakukan penguatan sistem cyber. Itu dilakukan untuk merespons kebocoran data yang terjadi karena hacker Bjorka.

"Itu nanti akan kita buatkan kebijakan besar, menjadi umberella (payung hukum) untuk di daerah-daerah termasuk kementerian, lembaga," ujar Moeldoko kepada awak media usai menghadiri kegiatan Penyerahan Integrasi 34 program Pemberdayaan Lintas Kementerian untuk Reforma Agraria, Rabu (21/9/2022).

Selain itu, Moeldoko juga menyampaikan bahwa pihaknya sedang merancang sebuah Cloud System buatan lokal. Dalam pembuatannya, melibatkan berbagai pihak terkait, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero (INTI) dan terakhir PT Desktop IP Teknologi Indonesia.

"Ya kita khusus penguatan cloud sistem bahwa saya sudah mengumpulkan Kepala BSSN dan saya sudah bicara dengan Menteri Kominfo dan PT INTI dari BUMN dan satu perusahaan anak bangsa Desktop itu yang mempunyai cloud engine buatan anak-anak Indonesia," terangnya saat berada di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Menurut Moeldoko, jika cloud system buatan lokal ini bisa berjalan dan dapat digunakan. Tentu, Indonesia ke depan tidak lagi bergantung pada negara-negara lain dan akan lebih mandiri ke depannya.

"Nah ini kita berbicara tentang kapasitas nasional, kalau ini nanti bisa diangkat oleh negara dan kita memiliki cloud tersendiri, enginennya dibikin oleh anak-anak kita sendiri dan dibesarkan oleh negara dan kita pastikan memiliki kedaulatan data," kata Moeldoko.

Seperti diketahui, pengguna forum Breached dengan inisial Bjorka menjadi perbincangan hangat karena diduga meretas data milik pemerintah. Selain itu, Bjorka juga melakukan penghinaan yang mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia diisi oleh orang-orang yang tidak becus atau kurang berkompeten.



Simak Video "Moeldoko Klaim Pertumbuhan Ekonomi Baik, Angka Kemiskinan Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)