Tak Hanya untuk Wanita, Profesor Unesa Buktikan Khasiat Manjakani Pada Pria

Tak Hanya untuk Wanita, Profesor Unesa Buktikan Khasiat Manjakani Pada Pria

Esti Widiyana - detikJatim
Rabu, 21 Sep 2022 11:33 WIB
Dua profesor Unesa yang meneliti khasiat manjakani
Dua profesor Unesa yang meneliti khasiat manjakani (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Selama ini, buah manjakani dikenal akan khasiatnya untuk area kewanitaan. Rupanya, manjakani tak hanya digunakan oleh wanita. Buah ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk pria.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian dua profesor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof Dr Titik Taufikurohmah MSi dan Prof Dr Suyatno MSi. Dua profesor Unesa itu meneliti formula buah majakani dan gambir yang berkhasiat untuk kesehatan kewanitaan.

Seperti keputihan, haid tidak teratur, nyeri haid hingga kanker. Temuan ini telah diproduksi secara massal dan komersial dengan menggandeng pihak industri. Khasiatnya juga terbukti dapat menyembuhkan penyakit yang selama ini menjadi permasalahan besar bagi kaum hawa seperti keputihan, gatal-gatal pada organ kewanitaan sampai kanker serviks.

Prof Titik menjelaskan, formula manjakani dan gambir yang diteliti mengandung senyawa metabolik sekunder. Senyawa tersebut biasanya digunakan tanaman untuk bertahan dari serangan penyakit.

"Senyawa tersebut juga berkhasiat pada tubuh manusia, terutama untuk menangkal radikal bebas. Ramuan manjakani terdiri dari kunyit, gambir, sirih, daun pacar, buah manjakani utamanya. Semua ini mengandung metabolit sekunder pada tanaman tersebut, senyawa tersebut senyawa yang digunakan oleh tanaman bertahan dari serangan penyakit," kata Titik, Rabu (21/9/2022).

Selain itu, formula tersebut juga memiliki kandungan alkaloid, plafoloid dan beberapa vitamin, seperti vitamin C. Menurutnya, kandungan ini dapat menjadi antioksidan. Dari hasil uji klinis tersebut, terbukti formula ini dapat menjadi solusi masalah kewanitaan seperti keputihan berlebih, gatal-gatal, kanker serviks dan lainnya.

Berdasarkan data terbaru, penelitian ini bisa digunakan untuk wasir dan prostat. Artinya tidak hanya dikonsumsi wanita, tetapi juga pria. Meskipun untuk wasir dan prostat masih harus dilakukan uji secara mendetail.

"Sekarang saya sedang akan cari tahu apa sih yang dibutuhkan prostat, kok bisa dari sini juga memulihkan itu. Kalau saya ini anti inflamasi, karena prostat ada pembengkakan, kalau normal tidak prostat lagi, pipisnya enak. Awalnya obat kewanitaan, temuan baru untuk wasir, prostat itu yang harus diteliti lagi, formulasi lagi," jelasnya.

Dosen sekaligus Kepala Pusat Inkubasi Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unesa ini mengatakan, penelitian yang dilakukannya dilatarbelakangi kondisi nyata masyarakat Indonesia. Di mana membutuhkan keberadaan obat herbal untuk kesehatan kewanitaan.

"Saya melihat pengobatan alternatif dari bahan alam herbal dan mineral, masih menjadi pilihan yang disukai masyarakat. Kami menemukan di masyarakat secara tradisional herbal yang terbuat dari buah manjakani, kunyit, gambir, dan sirih banyak digunakan," ujarnya.

Untuk relawan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah wanita dewasa sehat maupun wanita dewasa dengan keluhan-keluhan spesifik. Seperti keputihan, wasir, mium, kanker serviks dan beberapa pria dengan keluhan prostat, baik gejala ringan maupun berat dengan saran operasi.

"Jadi penelitian pada tahun kedua ini lebih pada pembuktian teori-teori empiris pada kasus nyata, sebagai dasar masyarakat tidak meragukan lagi keamanan formula herbal majakanza," katanya.

Salah satu relawan, Alisa Fidia (20) mahasiswa UPN Jatim sebelumnya mengeluhkan sakit haid yang berlebihan dan tidak teratur saat datang bulan. Saat menstruasi, ia bisa merasakan kesakitan hingga tubuhnya lemas.

"Biasanya 2 hingga 3 bulan sekali baru mens. Sudah pernah ke dokter kandungan, setelah minum ini jadi lancar. Baru minum lima kali sudah lancar menstruasinya, tidak terlalu sakit lagi saat menstruasi. Minumnya dua pil sehari tiga kali. Minumnya ketika sakit dilep atau saat ada keluhan," pungkasnya.



Simak Video "Seruput STMJ, Minuman Penghangat Badan di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)