Tertangkap Kamera BBKSDA Jatim, Macan Tutul di Gunung Lawu Belum Punah!

Tertangkap Kamera BBKSDA Jatim, Macan Tutul di Gunung Lawu Belum Punah!

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 10 Sep 2022 12:17 WIB
macan tutul di lawu
Macan tutul yang terperangkap kamera/ Foto: tangkap layar/Instagram @bbksda_jatim
Surabaya -

Kabar gembira disampaikan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. Mereka mengumumkan bahwa hewan macan tutul belum punah di sekitar Gunung Lawu, perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan melalui akun Instagram @bbksda_jatim_official pada Jumat (9/9/2022). Pihak BBKSDA menulis bahwa 1 ekor macan tutul tertangkap kamera yang terpasang di kawasan Hutan Lindung KPH Lawu selatan.

Macan itu terlihat melintas di antara pepohonan di hutan tersebut. Terlihat jelas bahwa hewan itu merupakan macan tutul dari segi fisiknya.

Dalam unggahan itu, BBKSDA juga mengingatkan agar masyarakat tidak merusak atau mengambil kamera yang terpasang di hutan tersebut. Sebabnya, ada 1 kamera yang telah hilang dari kawasan itu.

Berikut pernyataan lengkap BBKSDA dalam unggahan tersebut:

Salam konservasi,

Kabar gembira sobat konservasi, kerja keras ujung tombak konservasi BBKSDA Jatim bersama perum perhutani kph Lawu daerah selatan membuahkan hasil yang meggembirakan. 1 ekor macan tutul tertangkap camera trap yang terpasang di kawasan hutan lindung pengelolaan kph Lawu daerah selatan.

pemasangan kamera trap ini dalam rangka inventarisasi dan verifikasi potensi kehati tinggi dengan jenis satwa target macan tutul. Hal ini memperkuat bahwa spesies macan tutul memang masih ada di alam bebas, khususnya di kawasan hutan lindung Lawu daerah selatan.

Kepada seluruh masyarakat kami himbau untuk tidak merusak atau mengambil kamera trap yang terpasang di kawasan yang menjadi target inventarisasi dan verifikasi kehati tinggi, agar kita semua bisa mengetahui potensi sumber daya genetik yang kita miliki

(Telah hilang 1 unit kamera trap di kawasan hutan Lawu daerah selatan RPH bedagung)



Simak Video "Momen Saat Ratu Rimba Gunung Ciremai Dilepasliarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)