Mengenal Iptu Sartono, Polisi yang Juga Piawai Jadi Dalang Wayang Kulit

Mengenal Iptu Sartono, Polisi yang Juga Piawai Jadi Dalang Wayang Kulit

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Jumat, 26 Agu 2022 13:13 WIB
Iptu Sartono Gunakan Wayang Kulit untuk Sosialisasi Harkamtibmas di Jombang
Polisi Jombang dalang wayang kulit (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Iptu Sartono merupakan polisi yang cukup dikenal di kalangan warga Jombang. Pasalnya, Sartono kerap kali mementaskan wayang kulit untuk menyosialisasikan keamanan dan ketertiban ke masyarakat. Seperti apa sosok polisi yang juga seorang dalang wayang kulit ini?

Sartono mengawali karir polisinya pada tahun 1991. Kala itu ia pertama kali ditempatkan di Polda Jatim. Kemudian berpindah ke Polwiltabes Surabaya dan kini di Polres Jombang.

Di Kota Santri, Sartono pernah menjabat Kanit Dikyasa Satlantas Polres Jombang dan Wakapolsek Jombang awal tahun 2022. Saat ini, Sartono menjabat sebagai Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Jombang.

Selama menjadi anggota polisi di lingkungan Polres Jombang, suami dari Jamilah Kusuma ini sering mementaskan wayang kulit keliling ke daerah-daerah di kota santri. Wayang yang jadi andalannya adalah wayang kulit lalu lintas (Wakultas) yang ia buat pada tahun 2012.

Wakultas buatannya itu sebagai media sosialisasi harkantibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat). Khususnya untuk edukasi tentang keselamatan dan ketertiban berlalu lintas.

"Saat itu saya dinas di Dikyasa Satlantas. Kami bikin program inovasi media sosialisasi melalui wayang. Kami bikin wayang yang telah dimodifikasi namanya wayang kulit lalu lintas atau Wakultas," kata Sartono di kantor Satlantas Polres Jombang, Jalan Brigjen Kretarto, Kamis (25/8/2022).

Berbeda dengan tokoh pewayangan pada umumnya, Wakultas buatan bapak anak dua itu berupa karakter di kehidupan masyarakat pada umumnya. Seperti karakter TNI, Polri, pegawai, masyarakat, tukang becak, sopir, kiai, bu nyai dan sebagainya.