Kabar Nasional

Respons Juru Bahasa Isyarat HUT ke-77 RI saat Aksi 'Goyang' saat Live Viral

Tim detikHealth - detikJatim
Jumat, 19 Agu 2022 14:10 WIB
viral bahasa isyarat
Penerjemah Bahasa Isyarat saat live HUT ke-77 RI di Istana Negara. (Foto: Tangkapan layar Youtube: Sekretariat Presiden)
Surabaya -

Netizen menyoroti sejumlah hal dalam siaran langsung HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Ada momen unik saat penyanyi cilik Farel Prayoga menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' di hadapan Presiden Joko Widodo dan peserta perayaan yang hadir.

Saat lagu Farel menyanyikan lagu, juru bahasa isyarat yang bertugas menerjemahkan lagu yakni Winda Utami terlihat ikut bergoyang menikmati lagu sembari menerjemahkan dalam bahasa isyarat.

Winda yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2007 itu tak menyangka bahwa apa yang dia lakukan akan viral di media sosial.

"Saya sama sekali tidak menyangka (viral). Karena apa yang saya lakukan itu betul-betul tujuannya untuk teman-teman tuli," ujarnya ketika dihubungi detikcom seperti dilansir dari detikHealth, Jumat (19/8/2022).

Ia menyatakan, saat bergoyang sambil menerjemahkan lagu ke dalam bahasa isyarat, tujuannya agar para audiens acara yang tunarungu atau dalam kondisi tuli juga bisa menikmati lagu.

"Jadi saya saat menerjemahkan lagu saya fokus bagaimana teman-teman tuli saya bisa ikut menikmati lagu. Bisa ikut tahu alat musik apa yang dimainkan," sambungnya.

Ia pun menerangkan bahwa dalam menerjemahkan bahasa isyarat ada tiga hal penting yang harus diperhatikan. Yakni isyarat, ekspresi, dan verbal.

"Yang penting dalam JBI (Juru Bahasa Isyarat) ada tiga. Yakni isyarat, ekspresi, dan verbal. Jadi saya gambarkan situasi yang ada di situ, termasuk musik," ujarnya.

Bila ternyata apa yang dia lakukan turut dinikmati secara lebih luas, tidak hanya orang tuli dengan viral di media sosial, ia menganggap hal itu sebagai nilai lebih yang ia dapatkan.

"Tapi ternyata itu juga bisa dinikmati oleh orang yang dengar, itu rezeki dan bonus buat saya," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)