Polisi Kediri Jaring 101 Unit Motor Berknalpot Brong

Andhika Dwi - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 19:30 WIB
Motor yang diamankan di Polres Kediri Kota
Foto: Motor yang diamankan di Polres Kediri Kota (Andhika Dwi/detikJatim)
Kediri -

Sebanyak 101 unit motor di Kediri terjaring razia Satlantas Polres Kediri Kota karena tak memenuhi spesifikasi. Motor disita karena menggunakan knalpot brong.

Ratusan motor ini diamankan dalam waktu 6 hari sejak tanggal 6 hingga 12 Agustus. Usai diamankan, selanjutnya knalpot brong langsung dimusnahkan dengan digergaji.

Kasatlantas Polres Kediri Kota, AKP Pandri Pratama mengatakan, dari total 101 jumlah pelanggar itu secara persentase 24 pelanggar merupakan warga asal Kota Kediri. Sedangkan 77 pelanggar lainnya berasal dari luar Kota Kediri.

"Total ada 101 sepeda motor yang terbukti melanggar dan kita amankan. Namun selama kurun waktu 6 hari itu kita berhasil menindak 1.132 surat tilang," kata Pandri, Selasa (16/8/2022).

Pandri Pratama menjelaskan motor tersebut terjaring dalam razia Cipta Kondisi. Pelanggaran yang ditindak terdiri dari kendaraan tidak sesuai spektek, hingga tidak memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM.

"Lokasi penindakan pelanggaran lalu lintas ada lima titik yang telah kita tetapkan. Lima titik itu di antaranya Jl Brawijaya, KDP Slamet, PK Bangsa, Sudanco Supriadi, dan Jl Diponegoro," jelas Pandri.

Pandria mengatakan kepada pemilik motor dipersilahkan mengambil di kantor polisi. Namun ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi.

"Pengambilan barang bukti kendaraan yang tidak sesuai spektek, maka pelanggar diwajibkan membawa putusan dari Kejaksaan Negeri Kota Kediri, photocopy BPKB, STNK, identitas pengambil, serta wajib mengembalikan kendaraan sesuai spektek," Pungkas Pandri.



Simak Video "Unik! Patung Ikan Ini Dibuat dari Knalpot Brong Sitaan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)