Apa Itu Sumpah Mubahalah? Ini Ayatnya di Al-Qur'an

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 20:55 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Surabaya -

Mubahalah merupakan sumpah yang diucapkan dua orang atau dua kelompok, yang saling merasa benar. Seperti yang dikutip detikJatim dari laman resmi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor.

Mereka siap dilaknat jika dalam sumpah tersebut melakukan kebohongan. Laknat yang dimaksud bisa berupa penyakit parah, kecelakaan atau kematian. Tergantung isi sumpah yang diikrarkan.

Tidak semua permasalahan boleh diselesaikan dengan sumpah mubahalah. Mubahalah hanya boleh dilakukan apabila masalah tersebut sangat urgen dan dapat membahayakan aqidah serta ukhuwwah.

Ayat tentang Mubahalah

فَمَنْ حَاجَّكَ فيهِ مِنْ بَعْدِ ما جاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ فَقُلْ تَعالَوْا نَدْعُ أَبْناءَنا وَ أَبْناءَكُمْ وَ نِساءَنا وَ نِساءَكُمْ وَ أَنْفُسَنا وَ أَنْفُسَكُمْ ثُمَّ نَبْتَهِلْ فَنَجْعَلْ لَعْنَتَ اللَّهِ عَلَى الْكاذِبينَ.

Artinya: Siapa yang membantahmu (tentang kisah Isa) sesudah datang ilmu (yang sampai kepadamu), maka katakanlah (kepada mereka): "Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, istri-istri kami dan istri-istri kamu, diri kami dan diri kamu, kemudian marilah kita bermubahalah, kemudian kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta (QS: Ali Imran 61).

Di Indonesia, Mubahalah tidak diatur dalam hukum formal. Biasanya, mubahalah dilakukan sebagai peringatan atau shock theraphy agar seseorang tidak mudah berbohong.

Hari ini, kata mubahalah terdengar di PN Surabaya. Yakni dalam sidang kasus dugaan pencabulan dan pemerkosaan santriwati dengan terdakwa Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi.

Di hadapan hakim, Mas Bechi membantah melakukan pemerkosaan terhadap santriwati. Bahkan, ia siap melakukan sumpah mubahalah.

Ketua Tim Kuasa Hukum Mas Bechi, I Gede Pasek Suardika mengatakan, keterangan saksi yang disampaikan dalam sidang selama 8 jam itu langsung dibantah. Salah satunya terkait pemerkosaan.

"Mas Bechi membantah adanya persetubuhan itu. Beliau (Mas Bechi) menawarkan kepada majelis hakim untuk melakukan sumpah mubahalah, tapi apakah dikabulkan atau tidak kita tunggu saja," kata Gede kepada awak media di PN Surabaya, Senin (15/8/2022).



Simak Video "Penampakan Mas Bechi Tersangka Pencabulan saat Diserahkan ke Jaksa"
[Gambas:Video 20detik]