Meski Kirim Bunga untuk KIB, Demokrat Ngaku Lebih Intens dengan NasDem-PKS

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 16:57 WIB
Karangan bunga ucapan selamat untuk KIB dari Ketum Demokrat AHY
Karangan bunga dari AHY di acara KIB di Surabaya. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Demokrat Buka-bukaan soal karangan bunga di pemaparan visi-misi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Surabaya. Karangan bunga itu memang dikirim langsung oleh Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Meski demikian, Demokrat belum berpikir untuk gabung KIB dan justru beri kode berkoalisi dengan partai lain.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyebut, AHY sebetulnya diundang dalam acara pemaparan visi misi KIB tersebut.

"Benar bunga itu dari DPP, sebagai tanda untuk menghormati undangan tertulis yang telah disampaikan oleh Ketua Umum Golkar, Pak Airlangga Hartarto pada tanggal 11 Agustus 2022 lalu," kata Herzaky kepada detikJatim, Senin (15/8/2022).

Meski diundang, Herzaky membeberkan bahwa Ketum AHY tidak menghadiri acara itu karena acara internal. Untuk menghormati KIB, dikirimlah karangan bunga ucapan selamat tersebut.

"Ketum AHY memutuskan tidak hadir, karena acara itu adalah acara internal KIB. Sementara Demokrat bukan anggota dari Koalisi Indonesia Bersatu," sambungnya.

Lebih lanjut, Herzaky menyatakan, bahwa saat ini Partai Demokrat justru lebih cenderung intens berkomunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem.

"Sementara, seperti yang sudah disampaikan oleh Ketum AHY sebelum ini, kami lebih intens komunikasi dengan teman-teman Nasdem dan PKS. Tapi, kami juga terus berkomunikasi dengan teman-teman parpol lain, termasuk teman-teman KIB," katanya.

Herzaky menambahkan, perlu kerja sama banyak pihak untuk membangun Indonesia. Pihaknya selalu membuka ruang komunikasi dengan parpol mana pun.

"Membangun bangsa ini butuh kolaborasi dan kerja sama banyak pihak. Karena itu, ruang komunikasi, silaturahmi, dan kolaborasi selalu kami jalin dengan berbagai elemen bangsa, termasuk dengan teman-teman KIB," tandasnya.

Sebelumnya diketahui bahwa satu-satunya karangan bunga di venue pemaparan visi misi KIB di sebuah hotel di Surabaya diketahui atas nama Ketum Partai Demokrat AHY.

Dalam papan karangan bunga dengan warna biru kombinasi putih itu terpampang jelas nama AHY. Dalam pesannya, AHY memberi selamat dan sukses ke KIB.

"Selamat & sukses peluncuran visi dan misi Koalisi Indonesia Bersatu," AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) Ketua Umum Partai Demokrat. Demikian bunyi karangan bunga itu dilihat detikJatim pada Minggu (14/8/2022) malam.



Simak Video "Airlangga Bicara Kemungkinan Partai Gerindra Gabung KIB"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)