Cuaca Ekstrem di Kota Malang, 39 Rumah Rusak dan 5 Pohon Tumbang

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Sabtu, 13 Agu 2022 23:01 WIB
Petugas evakuasi pohon tumbang di Malang
Petugas evakuasi pohon tumbang di Malang (M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Malang -

Hujan deras disertai angin kencang hingga puting beliung terjadi di Kota Malang pada Sabtu (13/8/2022) siang. Akibat cuaca ekstrem itu puluhan rumah dan sejumlah pohon di tiga kecamatan terdampak.

Plt Kepala BPBD Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan dari data sementara yang dikumpulkan ada sebanyak 39 rumah warga yang tersebar di tiga kecamatan mengalami rusak ringan hingga sedang.

Berdasarkan data BPBD Kota Malang, dari 39 rumah yang mengalami kerusakan karena cuaca ekstrem, 38 diantaranya berada di Kecamatan Sukun. Sedangkan satu rumah sisanya di Kecamatan Klojen.

"Rumah-rumah penduduk mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang dan puting beliung. Rumah-rumah tersebut sudah diinventarisir, datanya sudah kami laporkan Wali Kota Malang," ujar Ida, Sabtu (13/8/2022).

Selain rumah rusak, terdapat lima pohon tumbang yang ada di Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun dan Kecamatan Kedungkandang. Dari lima pohon itu tiga diantaranya menimpa dua mobil dan pagar tembok sekolah.

"Satu pohon di Kecamatan Klojen menimpa dua mobil dan dua pohon di Kecamatan Sukun menimpa pagar dinding SMK 7 Kota Malang. Pohon-pohon itu sudah dievakuasi oleh petugas BPBD dan DLH Kota Malang," terang Ida.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada saat cuaca ekstrem kali ini. Terlebih saat berada di dekat pohon yang terlihat membahayakan atau berpotensi untuk tumbang.

"Kami mengimbau masyarakat waspada ketika melihat pohon yang akarnya agak terangkat, segera laporkan ke DLH sehingga segera dipangkas DLH," tandas Ida.

Saksikan juga Sosok Minggu ini: 3 Medali dari Udin Si Tukang Bubur

[Gambas:Video 20detik]



(abq/dte)