Hujan Disertai Angin di Malang, Pohon Sengon Buto Tumbang Timpa 2 Mobil

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Sabtu, 13 Agu 2022 17:25 WIB
Evakuasi pohon tumbang di Malang
Evakuasi pohon sengon buto tumbang di Malang (M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Malang -

Dua kendaraan yang terparkir di Kota Malang tertimpa pohon tumbang. Beruntung tak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Saksi mata, Fikri Arif, mengatakan, pohon sengon buto itu tumbang sekitar pukul 13.45 WIB. Saat itu kondisi hujan deras disertai angin kencang terdengar suara retakan kayu yang cukup keras.

"Tak berselang akar pohon terlepas dari tanah dan akhirnya tumbang melintang di jalanan. Waktu itu kondisi jalan sepi, tapi ada dua mobil yang terparkir di seberang itu tertimpa," ujar Fikri, Sabtu (13/8/2022).

Untungnya saat pohon tersebut menimpa, kendaraan dalam kondisi kosong. Menurut Fikri, pemilik kendaraan sedang berada di dalam RSI Aisyiah.

"Ada dua mobil ketimpa dahan pohon. Satu mobil (bernopol L 17044 TT) bagian depannya peyok. Sedangkan kendaraan satunya (bernopol AB 1814 NJ) peyok bagian depan, atas, sama kacanya retak," kata dia.

Sementara itu, Staff Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Anggun Setiawan menyampaikan, pohon yang tumbang itu memiliki diameter 75 sentimeter dan tinggi 15 meter.

Pohon tersebut sebenarnya sudah didata akan dipotong dalam minggu ini karena berpotensi tumbang. Tapi belum sampai dipotong, pohon Sengon Buto itu terlanjur tumbang terlebih dahulu.

"Sudah kita data sebenarnya. Karena miring mau kita potong minggu ini, tapi ya mau gimana lagi faktor alam tumbang duluan," tutur Anggun.

Proses evakuasi pohon tersebut berjalan kurang lebih selama satu jam setengah. Anggun mengatakan, ada delapan personel DLH Kota Malang dan 10 personel BPBD Kota Malang yang terlibat dalam proses evakuasi.

"Proses evakuasi berjalan lancar tanpa kendala. Kita kerahkan satu truk untuk mengangkut potongan pohon dan satu mobol skylift untuk membantu proses pemotongan pohon," tandasnya.



Simak Video "Pohon Tumbang Tutup Sebagian Jalan Margaguna Jaksel, 1 Mobil Tertimpa"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)