Kabar Politik

Prabowo Siap Jadi Capres Lagi di 2024!

Tim detikNews - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 21:49 WIB
Rapimnas Partai Gerindra di Sentul, Bogor, sekaligus acara deklarasi Prabowo  Subianto maju Capres.
Prabowo Subianto menyatakan bersedia Nyapres di Rapimnas Gerindra. (Foto: Firda Cynthia/detikcom)
Surabaya -

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto secara resmi menjawab permintaan kader Gerindra untuk maju lagi menjadi capres pada Pilpres 2024. Di hadapan seluruh kader yang menghadiri Rapimnas, Prabowo menegaskan dirinya siap dicalonkan lagi.

Sebagaimana dilansir detikNews di lokasi Rapimnas Gerindra pada Jumat (12/8/2022) pukul 19.27 WIB, Prabowo bersama Hashim Dojohadikusumo duduk di kursi di belakang jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

Tampak Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Gerindra Sugiono hingga Irfan Yusuf Hasyim. Teriakan dukungan kepada Prabowo menggema memenuhi venue acara. Lagu-lagu mengiringi kedatangan Prabowo, termasuk Halo-Halo Bandung.

Muzani membuka skors Rapimnas Gerindra per pukul 19.30 WIB. Muzani memberikan sambutan soal Prabowo yang ingin mendengar langsung keinginan kader Gerindra agar dirinya menjadi capres 2024.

"Itu sebabnya kita mengadakan Rapimnas," kata Muzani dalam acara Rapimnas Gerindra di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Selanjutnya, Gerindra memutar sebuah video kader Gerindra yang sudah meninggal. Kemudian Prabowo Subianto diberikan kesempatan berbicara. Seluruh kader Gerindra berdiri ketika Prabowo ke depan podium.

Prabowo sempat menyeruput minuman dari gelas kecil dan kemudian menyapa para petinggi Partai Gerindra hingga delegasi daerah-daerah. Ia sampaikan sejumlah arahan kepada Gerindra. Di antaranya dia meminta jangan sekali-sekali melupakan sejarah hingga soal alasan bergabung di pemerintahan Jokowi.

Suasana sempat menjadi riuh saat Prabowo hendak menyampaikan jawaban. Kader Gerindra menyanyikan lagu dengan lirik 'Ku yakin kau bisa' dan berdiri mendekat Prabowo. Setelah beberapa menit, pembawa acara meminta seluruh kader tenang. Prabowo lantas menjawab harapan kader Gerindra.

"Saudara-saudara, dengan demikian, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama sikap setiap DPD dan setiap sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Prabowo.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai Calon Presiden Indonesia," kata Prabowo

Diketahui, Rapimnas Gerindra digelar di SICC, Sentul, Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022. Rapimnas itu mengagendakan Prabowo memberikan jawaban atas permintaan kader agar maju capres pada malam ini. Sementara, deklarasi Prabowo sebagai capres usungan Gerindra akan digelar besok.

34 DPD Gerindra Dukung Prabowo Capres 2024

Sebelumnya, 34 DPD Partai Gerindra dan organisasi sayap partai telah selesai menyampaikan pandangan dalam Rapimnas Gerindra hari ini. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan bahwa 34 DPD Gerindra dan sayap partai bulat meminta Prabowo maju sebagai Capres 2024.

"Dari 34 DPD dan organisasi sayap menyampaikan agar Prabowo Subianto mengajukan kembali sebagai Capres 2024," kata Dasco kepada wartawan di SICC Sentul, Bogor, Jumat (12/8).

Dasco menyampaikan saat ini rangkaian penyampaian pandangan DPD sudah selesai. Selanjutnya, kata dia, Prabowo Subianto akan memberikan jawaban pukul 19.00 WIB.

Dia menyebut seluruh DPD Gerindra sudah bulat mendukung Prabowo Subianto sebagai capres Gerindra. "34 DPD Gerindra seluruh Indonesia sudah bulat calonkan Pak Prabowo sebagai capres 2024," ujarnya.

(dpe/iwd)