Santri di Pamekasan Dukung Ganjar di Pilpres karena Dorong Moderasi Agama

Erika Dyah Fitriani - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 09:19 WIB
Santri di Pamekasan dukung Ganjar Pranowo.
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Santri di Pamekasan, Jawa Timur, mengikuti gebyar selawat dan doa bersama dalam rangka mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju di pemilihan presiden 2024 mendatang. Ganjar dinilai sebagai sosok yang saat ini paling menonjol dan konsisten mendorong moderasi beragama.

Dalam kegiatan yang berlangsung Kamis (11/8), Koordinator Wilayah (Korwil) Santri Dukung Ganjar Jawa Timur, Huraiyah mengungkap konsistensi Ganjar dalam hal moderasi beragama ditunjukkan oleh Ganjar yang sering bersilaturahmi ke para santri, ulama, kiai, hingga lembaga-lembaga keagamaan lainnya.

Ia menjelaskan di setiap kesempatan Ganjar mendorong para santri untuk menunjukkan Islam sebagai rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh alam. Para santri diminta memberikan lebih banyak kontribusi untuk bangsa dan negara melalui jalur-jalur Islami. Sebab menurut Ganjar para santri memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan Indonesia sejak dahulu kala.

Kepemimpinan Ganjar yang mampu menginspirasi moderasi beragama ini oleh Huraiyah menjadi alasan kalangan santri mengidolakan mantan anggota DPR RI itu. Serta dukungan kepada Ganjar untuk melanjutkan kepemimpinan Bangsa pada tahun 2024 mendatang.

"Jadi konsep moderasi beragama Pak Ganjar itu kita berharap dapat dilaksanakan agar kontribusi santri terhadap negara ini makin jelas. Sehingga Pak Ganjar kita berharap bisa memimpin negeri ini," kata Huraiyah dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022).

Lebih lanjut, Huraiyah menuturkan sosok Ganjar sudah tidak asing lagi di kalangan pesantren. Pasalnya Ganjar kerap berkunjung ke pesantren dan membuat pesantren menjadi rumah keduanya. Ia pun menilai Ganjar mampu merangkul semua golongan masyarakat.

Oleh sebab itu, tegas Huraiyah, gerakan Santri Dukung Ganjar akan terus digelorakan seantero Jawa Timur. Tujuannya agar semakin banyak lagi masyarakat yang mengetahui program-program Ganjar, khususnya bagi kalangan pesantren.

"Pak Ganjar itu pemimpin yang dekat dengan ulama dan santri, sehingga Pak Ganjar diharapkan mau berkontribusi terhadap santri seluruh Indonesia. Kami juga terus mensosialisasikan untuk dukung Pak Ganjar ini ke seluruh pelosok Jawa Timur," ungkapnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Ponpes Al-Fauzu Walwari, Batukerbuy, Kabupaten Pamekasan ini, salah satu Dewan Pembina Ponpes, Subairi menyampaikan perhatian Ganjar kepada guru agama di Jawa Tengah dengan memberikan insentif lebih juga membuat Ganjar sangat layak menjadi Presiden 2024.

Subairi menyebutkan kepedulian yang ditunjukkan Ganjar kepada kelompok-kelompok yang kurang mendapatkan perhatian itu sangat patut dicontoh pemimpin lain saat ini. Sehingga, dengan terpilih Ganjar menjadi Presiden 2024 nanti bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Pak Ganjar sangat baik kepemimpinannya di Jawa Tengah, di mana masyarakat di sana sejahtera. Seperti halnya menyantuni anak yatim dan juga di sana ada insentif untuk guru-guru diniyah dan TPQ," tutur Subairi.

"Karena guru-guru diniyah dan TPQ ini sangat kurang mendapatkan perhatian. Sehingga Bapak Ganjar bisa mengimbangi itu dan semoga nanti ketika Pak Ganjar terpilih menjadi Presiden, kami bisa sejahtera," pungkasnya.



Simak Video "Santri di Jogja Gelar Selawat, Doakan Ganjar Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)