Demokrat Tawarkan Opsi Khofifah-Emil, KIB Jatim Condong Pilih Kader Internal

Faiq Azmi - detikJatim
Kamis, 11 Agu 2022 18:34 WIB
KIB Jatim
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jatim mengutamakan kader internal untuk maju Pilgub Jatim 2024. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Partai Demokrat membuka peluang untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jatim. Demokrat juga menawarkan opsi Khofifah-Emil jilid II pada Pilgub Jatim 2024. Lalu, apa respons partai-partai di KIB, Golkar, PAN, dan PPP soal opsi Khofifah-Emil.

Ketua Golkar Jatim, M Sarmuji menegaskan, pihaknya mengutamakan kader internal untuk Pilgub Jatim 2024. Apalagi, Golkar memiliki banyak kader internal yang mumpuni untuk diusung di Pilgub Jatim 2024.

"Sekali lagi, bahwa Pilgub Jatim masih jauh, Belanda masih jauh. Dan kalau siapa yang diusulkan, itu nanti ya. Golkar juga punya banyak kader internal yang mumpuni," kata Sarmuji kepada detikJatim, Kamis (11/8/2022).

Sarmuji menyebut, Golkar Jatim menawarkan ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Airlangga di Pilpres. Apalagi, kata Sarmuji, level Khofifah sudah selayaknya masuk panggung nasional.

"Jelas Golkar Jatim kalau Ibu Khofifah mau jadi wakilnya Pak Airlangga monggo, kami akan usulkan. Kalau Pilgub Jatim itu bicaranya setelah Pileg 2024 saja," imbuhnya.

Ada sejumlah nama yang dispekulasikan akan diusulkan Golkar untuk diusulkan sebagai Cagub atau Cawagub di Pilgub Jatim. Di antaranya Sarmuji sendiri yang saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi VI DPR RI sekaligus Ketua Golkar Jatim.

Kemudian, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Anggota DPR RI M Misbakhun, Ridwan Hisjam, hingga menantu Pakde Karwo yang baru saja bergabung dengan Golkar yakni Bayu Airlangga.

Menanggapi nama-nama yang beredar itu, Sarmuji dengan santai menjawabnya. Ia bahkan menyebut spekulasi yang beredar cukup wajar.

"Kami belum keluarkan nama, kalau isu dan spekulasi yang ada itu kan wajar. Tapi belum waktunya mengeluarkan nama-nama untuk calon-calon itu. Kita fokus meningkatkan perolehan kursi Golkar di Pemilu 2024 lalu baru fokus Pilkada 2024," terangnya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Riski Sadig mengatakan, usulan Khofifah-Emil Jilid II belum dipikirkan oleg PAN. Pihaknya masih menunggu hasil Pileg 2024.

Tanggapan PPP, di halaman selanjutnya!