Waspada Banjir Rob Terjadi di Pesisir Jawa Timur Mulai Besok!

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 15:06 WIB
Banjir rob melanda kawasan Krembangan Surabaya. Di jalan, lalu lintas tersendat. Di permukiman, banyak anak-anak bermain air banjir.
Ilustrasi banjir rob di Surabaya (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Tetap hati-hati ya rek! Banjir rob diprakirakan akan merendam sejumlah wilayah pesisir di Jawa Timur mulai besok Kamis (11/8/2022) hingga 14 Agustus 2022. Adanya fase bulan purnama turut mempengaruhi kondisi pasang surut air laut wilayah Jatim.

Diketahui, banjir rob merupakan banjir yang disebabkan oleh kenaikan muka laut, hingga air yang pasang menggenangi daratan. Banjir ini diakibatkan terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari ketinggian daratan.

"Waspadai fenomena pasang maksimum air laut akibat pasang purnama yang berpotensi mengakibatkan banjir rob pada tanggal 11 hingga 14 Agustus 2022 dengan ketinggian mencapai 130 hingga 140 cm dari rata-rata muka laut," kata Kepala Stasiun Meteorologi atau BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Daryatno dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikJatim, Rabu (10/8/2022).

Daryatno menambahkan, potensi banjir rob yang terjadi antara 10 hingga 30 cm di wilayah pesisir Jatim. Selain itu, ia mengingatkan masyarakat untuk waspada karena banjir rob juga mengganggu aktivitas transportasi laut hingga bongkar muat di pelabuhan.

"Hal ini dapat berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di area pelabuhan.
Kondisi pasang lebih ekstrem dapat terjadi bilamana terjadi hujan sedang hingga lebat pada saat banjir rob," jelasnya.

Untuk itu, Daryatno mengimbau masyarakat senantiasa waspada. Ia meminta warga selalu update informasi terbaru dari BMKG Maritim.

"Masyarakat diimbau agar senantiasa waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," pesannya.

Berikut wilayah di pesisir Jatim yang akan dilanda banjir rob:

Area Pelabuhan Surabaya

11 hingga 14 Agustus 2022, pukul 11.00 sampai 14.00 WIB
Banjir rob akan terjadi di pesisir Surabaya Timur, termasuk Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Jember, Kenjeran, Bangkalan Selatan, Kuanyar, Sukolilo, Sampang, dan Sepanjang pesisir.

Selat Madura

11 hingga 14 Agustus 2022, pukul 10.00 sampai 12.00 WIB

Pesisir Kalianget, termasuk Pamekasan

11 hingga 13 Agustus 2022, pukul 09.00 sampai 11.00 WIB



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)