Dugaan Matinya Hiu Paus yang Terdampar di Pantai Ngagelan Banyuwangi

Ardian Fanani - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 21:00 WIB
Bangkai hiu paus di Pantai Ngagelan Alas Purwo Banyuwangi
Foto: Bangkai hiu paus di Pantai Ngagelan Alas Purwo Banyuwangi (Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Seekor Hiu Tutul mati di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Banyuwangi. Kematian hiu paus itu diduga karena kondisi air laut sedang surut sehingga tak bisa kembali ke lautan.

"Kemungkinan terjebak saat air laut surut saat pagi hari," kata Koordinator Perlindungan dan Pengamanan Balai TNAP Banyuwangi, Sucipto kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Biasanya, lanjut Sucipto, ikan terbesar di lautan itu terdampar di pantai itu karena sedang mengikuti arah makanan yang dicari. Hiu paus merupakan pemakan plankton dan ikan-ikan kecil di lautan.

"Makanan Hiu Paus itu kemungkinan berada di pinggiran. Karena memang beberapa hari terakhir kondisi lautan cukup besar. Apalagi di Pantai Selatan kan ombak dan gelombang bulan Agustus ini sedang tinggi," tambahnya.

Sedangkan untuk penyebab lain, Sucipto mengaku belum mengetahui pasti. Karena membutuhkan riset dan nekropsi terhadap tubuh mamalia laut besar ini.

"Butuh penelitian. Untuk sementara kemungkinan karena terjebak perairan dangkal," pungkasnya.

Sebelumnya, seekor hiu tutul terdampar di pantai Banyuwangi. Hiu yang juga disebut hiu paus itu terdampar di Pantai Ngagelan, Taman Nasional (TN) Alas Purwo Banyuwangi. Hiu tutul itu itu diketahui terdampar dan mati pada Sabtu (6/8/2022).

Kepala Seksi Pengelola wilayah 1 Balai Taman Nasional Alas Purwo, Probo Wresniaji membenarkan temuan itu.

"Memang benar kondisinya sudah mati. Terdampar Sabtu lalu," ujar Probo kepada detikJatim, Senin (8/8/2022).

Hiu paus ini, kata Probo, diperkirakan berukuran panjang 4 sampai 4,5 meter. Saat ditemukan kondisinya pun sudah mulai membusuk.

"Sudah mulai membusuk. Sampai saat ini masih ada di lokasi terdampar," tutur Probo.

Probo mengaku mamalia besar dari laut itu sengaja tidak dievakuasi ataupun dikubur. Sebab hiu paus itu akan menjadi santapan hewan liar di kawasan TN Alas Purwo.



Simak Video "Gadis di Banyuwangi Hamil 7 Bulan Usai Diperkosa Teman Kumpul Kebo Ibunya"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)