Tunjukkan Nasionalisme, Guru di Ponorogo Bagikan 77 Bendera ke Masyarakat

Charolin Pebrianti - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 12:56 WIB
Tarmin membantu Bambang saat memasang bendera
Tarmin membantu Bambang saat memasang bendera. (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)
Ponorogo -

Tarmin yang berprofesi sebagai guru di Ponorogo punya cara sendiri untuk menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia. Menjelang hari kemerdekaan ke-77 Indonesia, pria 40 tahun itu membagikan 77 bendera Indonesia gratis kepada warga yang membutuhkan.

"Awalnya karena banyak bendera yang sudah lusuh, berubah warna, masih tetap dipasang. Akhirnya saya inisiatif membagikan bendera untuk warga," kata Tarmin kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Ia menambahkan dirinya ingin menumbuhkan cinta tanah air dengan memberikan bendera gratis dan bisa langsung dipasang di masing-masing rumah warga. Tujuannya, supaya warga menghargai dan menghormati bendera merah putih.

"Saya persiapan dari awal Juli, saya beli sendiri kainnya. Kemudian saya potong dan jahit sendiri, terus saya bagikan," ujar Tarmin.

Namun, usaha Tarmin sempat mengalami kendala. Meski ingin memberikan bendera secara gratis tak jarang sebagian masyarakat menolak dengan alasan mampu.

"Banyak yang menolak karena alasan mampu, akhirnya saya susah distribusi," imbuh Tarmin.

Dia ingin mengedukasi masyarakat untuk terus cinta tanah air, terutama di bulan Kemerdekaan. Menghargai jasa para pahlawan yang rela mengorbankan harta dan nyawa demi merebut kemerdekaan.

"Ini untuk mengedukasi masyarakat, sekaligus mengganti bendera yang lusuh, sobek diganti dengan yang baru," papar Tarmin.

Salah satu penerima, Bambang Santoso mengaku senang mendapat bendera gratis dari Tarmin. Sebab, bendera miliknya yang lama memang sudah lusuh.

"Bendera yang lama sudah lusuh belum sempat beli, senang dikasih bendera sama pak Tarmin. Langsung dipasang," pungkas Bambang.



Simak Video "SDN 1 Ngrogung Hanya Dapat Satu Siswa, Begini Cara Belajarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)