Kabar Teknologi

Menkominfo Blokir Sementara Steam-PayPal Agar Lebih Tertib

Tim detikINET - detikJatim
Minggu, 31 Jul 2022 09:27 WIB
Johnny G Plat adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) era kabinet Presiden Joko Widodo. Lantas, apa kepanjangan singkatan G di nama tengahnya?
Menkominfo, Johnny G Plate, Foto: dok. Kominfo
Surabaya -

Menkominfo Johnny G Plate memblokir ejumlah platform seperti Steam, Epic Games, Dota hingga PayPal membuat heboh warganet di Indonesia. Dia menegaskan pemblokiran dilakukan sementara.

"Agar lebih tertib dan diblokir sementara," kata Johnny kepada media di San Francisco di sela kunjungan kerja, Sabtu (30/7/2022) waktu Indonesia dilansir dari detikINET.

Pemerintah seperti disampaikan Johnny masih memberikan kesempatan kepada platform tersebut dengan mengajukan normalisasi atau pencabutan pemblokiran. Caranya dengan menyelesaikan pendaftaran PSE Lingkup Privat.

"Jika daftar maka akan segera dibuka kembali," imbuh Johnny.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini diatur dalam PP No 71/2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik. Serta Pemenkominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dari 100 platform digital dengan trafik tertinggi di Indonesia, tinggal 8 yang masih absen mendaftar PSE Lingkup Privat. Karenanya, aplikasi-aplikasi itu diblokir Kominfo. Mereka adalah Yahoo search engine, Steam, Dota2, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.

Hal senada juga dikatakan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Dia menegaskan pemblokiran ini tidak permanen dan akan dibuka jika syarat mengenai aturan PSE telah dipenuhi oleh layanan bersangkutan.

"Iya pemblokiran sifatnya sementara," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Sabtu, (30/7).



Simak Video "Jawaban Menkominfo soal Ganti Nomor Indonesia ke Provider AS"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)